Jabar Hari Ini: Sopir Truk Maut Tersangka hingga Pencuri Tewas Diamuk Massa

Tim detikJabar - detikJabar
Selasa, 09 Agu 2022 22:00 WIB
Kecelakaan di Tasikmalaya.
Foto: Sopir truk maut di Gentong Tasikmalaya jadi tersangka (Faizal Amiruddin/detikJabar).
Bandung -

Sejumlah peristiwa mewarnai pemberitaan di Jawa Barat (Jabar) hari ini. Sopir truk maut di Tasikmalaya jadi tersangka hingga pencuri tewas diamuk massa di Majalengka.

Berikut rangkuman Jabar Hari Ini, Selasa (9/8/2022):

Komisioner KPU Jabar Dieksekusi ke Penjara

Jaksa mengeksekusi Komisioner KPU Jawa Barat Titik Nurhayati ke penjara atas kasus dugaan korupsi penggunaan dana hibah kegiatan kampanye tahun 2015. Eksekusi dilakukan usai penetapan yang dilakukan majelis hakim.


Awalnya, Titik Nurhayati tak ditahan lantaran masih aktif sebagai Komisioner KPU Jabar. Namun, hakim dalam persidangan meminta agar Titik Nurhayati dijebloskan ke bui.

"Jadi awalnya memang terdakwa tidak ditahan. Namun hakim langsung mengeluarkan penetapan untuk penahanan," ucap Kasipenkum Kejati Jabar Sutan Harahap kepada detikJabar, Selasa (9/8/2022).

Jaksa mengeksekusi Titik Nurhayati sejak Senin (8/8/2022). Titik dititipkan jaksa di rutan wanita Bandung yang berada di kawasan Sukamiskin.

"Terhadap penetapan itu, dilakukan eksekusi terhadap terdakwa," tutur dia.

Sutan menuturkan pihak Titik melalui kuasa hukumnya mengajukan penangguhan. Namun, kata Sutan, upaya penangguhan masih dipertimbangkan sehingga Titik dieksekusi ke bui lebih dulu.

Titik yang juga mantan Ketua KPUD Depok ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penggunaan dana hibah kegiatan fasilitas kampanye dan audit dana kampanye tahun 2015.

Titik mendapat dana hibah dari Pemkot Depok berdasarkan Keputusan Wali Kota Depok per tanggal 23 Maret dan 30 Oktober 2015. Ia disebut melakukan penyalahgunaan wewenang saat menjabat sebagai Ketua KPUD Kota Depok.

Kritik 'Poek' RK untuk Persib Bandung

Persib Bandung memulai awal musim Liga 1 tahun ini dengan hasil buruk. Persib hanya bisa mengamankan satu poin dari tiga pertandingan. Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun mengkritik performa Persib.

"Poek, seperti malam gelap," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate saat ditanya awak media soal performa Persib, Selasa (9/8/2022).

Tak hanya itu, orang nomor satu di Jabar itu menyindir Persib dengan kalimat satire. Sebab, Persib kebobolan sembilan gol dalam tiga pertandingan di awal Liga 1 2022.

"Saya nonton 3-1 (Persib kalah saat mawan Madura United), nggak nonton 4-1 (kalah saat melawan Borneo FC). Ada peningkatan, peningkatan kalah," kata Ridwan Kamil.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mendesak agar manajemen mengevaluasi performa Maung Bandung, julukan Persib. Kang Emil menilai sejatinya Persib memiliki pemain yang memiliki kualitas secara individu.

"Khususnya ke pelatih ada apa dengan Persib yang pemain-pemainnya dianggap berkualitas semua, track record bagus-bagus, bersatu jadi tim tidak diperlihatkan," kata Kang Emil.

Kang Emil kecewa menyaksikan Persib berlaga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) saat menjamu Madura United. Persib kalah 1-3 dari Madura United pada laga kedua lanjutan Liga 1.

"Kalau saya nonton langsung di GBLA, pemainnya kurang gesit kalau menurut saya. Jadi ngejar bola kaya secukupnya," ucap Kang Emil.

Ia berharap pemain bisa termotivasi lagi. Para pemain Persib harus menunjukkan semangat sebagai individu dan tim.

"Kedua, polanya nggakkebaca. Mudah-mudahan yang terbaik," kata Kang Emil.