Belasan Warga Sukabumi Diduga Keracunan Dodongkal

Siti Fatimah - detikJabar
Minggu, 07 Agu 2022 20:59 WIB
ilustrasi
Ilustrasi keracunan (Foto: Dok.Detikcom)
Sukabumi -

Sebanyak 19 orang warga Sukabumi diduga mengalami keracunan setelah menyantap panganan dodongkal atau kue dari tepung beras. Saat ini, semua korban telah dalam penanganan petugas kesehatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian dugaan keracunan tepatnya dialami oleh warga Gang Gempar, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Mereka mengalami gejala diare dan muntah-muntah setelah mengkonsumsi dodongkal yang dibeli dari salah satu pedagang.

"Kejadian pertama kali diketahui oleh warga yang melaporkan kepada Bhabinkamtibmas Kelurahan Gedongpanjang," kata Kapolsek Citamiang AKP Arif Saptaraharja kepada awak media, Minggu (7/8/2022).


Usai mendapat laporan tersebut, pihaknya bergegas menuju lokasi kejadian bersama aparatur wilayah lintas sektoral lainnya. Pihaknya melakukan pendataan dan sementara ini hanya satu orang yang dirawat di Rumah Sakit Kartika, Kota Sukabumi.

"Hingga saat ini hanya 1 orang yang dilarikan ke rumah sakit untuk penanganan medis lanjutan, sedangkan 18 lainnya hanya menjalani pengobatan di rumah," tambahnya.

Masih menurut Arif, hasil keterangan warga di lokasi kejadian diketahui para korban mengkonsumsi makanan dodongkal pada sekitar pukul 09.00 WIB dari penjual yang biasa berjualan keliling di lokasi tersebut. Polisi lantas melakukan pemanggilan kepada pedagang yang bersangkutan untuk dimintai keterangan.

"Saat ini kami dari jajaran Polsek Citamiang sedang memanggil penjual dodongkal untuk dmintai keterangan. Untuk sampel makanan sendiri, sudah dibawa pihak Puskesmas Gedongpanjang untuk besok dikirimkan ke Labkesda Kota Sukabumi," tandasnya.

Kasus keracunan makanan ini masih ditangani Polsek Citamiang. Para korban juga masih mendapatkan pantauan medis dari Puskesmas Gedongpanjang.

(yum/yum)