Deretan Kecelakaan KA Vs Pengendara di Sejumlah Daerah Jabar

Tim detikJabar - detikJabar
Minggu, 07 Agu 2022 21:30 WIB
Penampakan mobil Xpander yang tertabrak kereta api Cheribon
Foto: Penampakan ringseknya mobil usai ditabrak kereta api di Cirebon (Ony Syahroni/detikJabar).
Bandung -

Insiden kecelakaan yang melibatkan mobil dengan kereta api terjadi di Cirebon, Jawa Barat. Empat orang dinyatakan meninggal dalam peristiwa yang terjadi di perlintasan tanpa palang pintu di KM 202 +1 antara Stasiun Waruduwur-Stasiun Babakan.

Sebelum terjadi di Cirebon, sejumlah kasus kecelakaan kereta api sudah terlebih dahulu terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat. Korbannya ada yang mengalami luka-luka, meninggal, hingga selamat saat kecelakaan maut tersebut tak bisa dihindarkan. Berikut rangkuman detikJabar:

Cianjur

Berdasarkan catatan detikJabar, ada 3 kecelakaan kereta api yang terjadi di Cianjur. Akibatnya, ada 2 orang yang mengalami luka-luka dan satu orang meninggal dunia dalam insiden ini.


Kecelakaan pertama terjadi pada 23 Maret 2022 yang melibatkan satu unit mobil dengan kereta api di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Selajambe, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur, Jawa Barat. mobil tersebut ringsek usai tertabrak kereta.

Untungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Pengemudi maupun penumpang mobil bernomor polisi F 1397 YA itu dinyatakan selamat meski kendaraannya ringsek ditabrak kereta api.

Peristiwa kedua terjadi pada 29 Juni 2022. Satu unit mobil ringsek tertabrak KA Siliwangi saat melintas di perlintasan tanpa palang pintu di Cianjur, Jawa Barat.

Akibatnya, dua orang mengalami luka atas insiden tersebut. Kendaraan mereka sempat terseret sejauh 300 meter dari titik perlintasan, namun untungnya kedua orang itu berhasil selamat.

Peristiwa terakhir terjadi pada 7 Juli 2022. Seorang warga bernama Dede Ahmad, tewas terserempet KA Siliwangi relasi Cianjur-Sukabumi, bahkan membuat kaki korban terputus akibat kecelakaan tersebut.

Sukabumi

Selain di Cianjur, kecelakaan kereta api juga terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Seorang pria berusia 28 sempat terserempet KA Siliwangi di Desa Bojongsawah, Kecamagan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi pada 12 Juni 2022. Untungnya, nyawa pria tersebut masih bisa terselamatkan.

Meski begitu, pria ini sempat mengalami luka di bagian kepala, tangan, hingga kaki bagian lutut. Pihak kepolisian kemudian membawa korban ke rumah sakitHermina untuk mendapatkan penanganan medis.