Aneh tapi Nyata, Muncul Kepiting Langka 'Bergigi Manusia'

Tim detikINET - detikJabar
Selasa, 02 Agu 2022 06:00 WIB
Kepiting bergigi manusia
Kepiting bergigi manusia (Foto: Roman Fedorstov)
Bandung -

Penampakan kepiting dengan 'gigi' mirip manusia baru-baru ini mencuri perhatian netizen usai keberadaannya diungkap oleh seorang fotografer. Eksistensi krustasea itu ditangkap oleh fotografer Roman Fedorstov yang membagikan gambar tangkapannya di Instagram.

Dalam foto yang diposting Roman, tampak kepiting yang keluar dari air memamerkan deretan empat giginya yang terlihat seperti gigi manusia. Keberadaan kepiting bergigi manusia itu memiliki tempat tersendiri di antara deretan karya foto ikan laut dalam yang dipotret Fedorstov.

Seperti hiu goblin, ikan serigala Atlantik, dan parasit pemakan mata. Subjek laut itu, ia dapatkan ketika memotret di kapal pukan ikan di Rusia Barat.


Dikutip dari detikINET yang melansir IFL Science, tak hanya kepiting langka ini yang punya gigi seperti manusia. Ilmu pengetahuan mencatat keberadaan ikan Sheepshead (Archosargus probatocephalus) yang terkenal dengan gigi mirip manusia. Gigi ini mereka gunakan untuk menggiling cangkang moluska dan krustasea.

Makhluk-makhluk ini tidak menimbulkan ancaman bagi manusia di alam liar. Namun mereka dapat menggunakan tiga baris gigi mereka untuk menggigit kembali saat berupaya melepaskan diri dari tangkapan manusia.

Sementara itu, munculnya gigi seperti manusia pada kepiting yang ditemukan ini, diperkirakan ahli merupakan hasil dari keausan alih-alih gnashers fungsional.

(yum/yum)