Apa Itu Uji Emisi yang Digelar Gratis di Pemkot Bandung?

Cornelis Jonathan Sopamena - detikJabar
Jumat, 29 Jul 2022 00:30 WIB
Kegiatan Uji Emisi Gratis di Lapangan Parkir Balai Kota Bandung
Kegiatan Uji Emisi Gratis di Lapangan Parkir Balai Kota Bandung (Foto Cornelis Jonathan Sopamena)
Bandung -

Pemerintah Kota Bandung tengah melaksanakan uji emisi secara gratis di area lapangan parkir Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana No.2, Sumur Bandung, Kota Bandung. Mengacu pada Surat Perintah Dinas Perhubungan, kegiatan ini dimulai pukul 7.30 WIB sampai dengan selesai pada 27 dan 28 Juli 2022.

"Kalau dibilang sih mungkin jam 2 sudah beres, karena ini juga sudah mulai sepi. Kalau dari pagi tadi mah ramai pisan, sampai keluar antrenya," ucap salah satu Penguji Angkatan dan Sarana (Angsar) yang bertugas, Tatang Rukmana (45) pada detikJabar, belum lama ini.

Salah satu penguji dari Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKLH), Fariq menyatakan bahwa hingga pukul 10.45 WIB terdapat 118 mobil yang sudah melakukan uji emisi. Kendati demikian, terdapat beberapa mobil yang tidak lulus uji emisi.


"Ada, tiga (3) mobil yang tidak lulus dari total 118 (mobil yang sudah diuji)," katanya.

Penguji Angsar lainnya, Dian Wahyudi (47) menyatakan tindak lanjut dari mobil-mobil yang tidak lulus uji emisi ini adalah perlu melakukan servis di bengkel resmi.

Apa itu Uji Emisi?

Dilansir dari DetikEdu, uji emisi merupakan salah satu upaya pengujian untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi. Dalam melakukan uji emisi, terdapat standar dan ketentuan berbagai jenis kendaraan yang perlu dicapai agar kendaraan dapat dinyatakan lulus pengujian.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung menyatakan dengan melakukan uji emisi, pemilik kendaraan mendapatkan beberapa keuntungan seperti kinerja mesin handal, hemat bahan bakar, usia pakai mesin lebih lama, dan udara sehat.

Secara khusus, uji emisi kendaraan tertuang dalam Peraturan Menteri LHK Nomor 05 tahun 2006 dan Peraturan Wali Kota Jawa Barat No. 572 Tahun 2010 tentang Pengujian Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Penyelenggaraan uji emisi gratis di Balai Kota ini merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk diikutsertakan. Pasalnya, untuk melakukan uji emisi ini biasanya dikenakan biaya sekitar Rp162.000.

(yum/yum)