Kendaraan di Bandung Masih Minim yang Sudah Lolos Uji Emisi

Rifat Alhamidi - detikJabar
Kamis, 28 Jul 2022 17:38 WIB
Uji emisi di Balai Kota Bandung
Uji emisi di Balai Kota Bandung. (Foto: Rifat Alhamidi/detikJabar)
Bandung -

Pemkot Bandung memberlakukan aturan uji emisi untuk kendaraan roda empat di wilayah Ibu Kota Jawa Barat. Kendaraan yang belum lulus uji emisi, nantinya dilarang parkir di Balai Kota Bandung sebagai bentuk regulasi untuk mengurangi polusi asap kendaraan.

Pantauan detikJabar, gerai uji emisi pun dibuka secara gratis di Balai Kota Bandung untuk warga. Sejumlah mobil berbagai merk, terpantau berdatangan ke gerai itu demi bisa mendapat stiker lulus uji emisi, mengingat nantinya aturan tersebut sudah mulai mengikat pada 8 Agustus 2022.

Petugas di gerai uji emisi, Dodi Arya merinci, hingga pukul 12.45 WIB sudah ada 146 mobil yang datang memeriksa kondisi kendaraanya. Jika ditambah dengan Rabu (27/7/2022), total kendaraan yang sudah diuji emisi mencapai 378 mobil.


"Hari ini sudah ada 146 sama ditambah kemarin 323. Kita buka gerai ini gratis dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore," kata pengurus Asosiasi Bengkel Kendaraan Indonesia (Asbekindo) Kota Bandung saat ditemui wartawan, Kamis (28/7/2022).

Dodi menjelaskan, kendaraan diuji dengan beberapa alat ukur yang disiapkan di gerai tersebut. Adapun ambang batasnya yaitu karbon monoksida (CO) maksimal harus 4,5 persen, hidrocarbon (HC) maksimal 1.200 per part million (ppm) serta opasitas atau ukuran kepekatan gas buang maksimal 70 persen.

"Setelah diuji dan lulus, kendaraan akan kami pasang stiker dan sertifikat telah dilakukan uji emisi," ucapnya.

Gerai uji emasi secara gratis ini hanya dibuka di Balai Kota Bandung. Gerai uji emisi gratis ini hanya dibuka terakhir sampai hari ini, meski warga bisa menguji emisi kendaraannya di beberapa bengkel resmi.

"Kalau gerai yang gratis buat uji emisi, cuma di sini. Dan hari ini terakhir. Ke bengkel juga bisa, tapi memang ada tarif biayanya," tuturnya.

Menurut Dodi, kendaraan yang telah dinyatakan lulus uji emisi di Kota Bandung belum menunjukan angka yang ideal. Sebab berdasarkan perkiraan, ada 400 ribu mobil yang terdata dan baru 378 kendaraan yang melakukan uji emisi.

"Memang kalau bicara ideal, belum yah. Karena jumlah mobil di Kota Bandung itu kira-kira mencapai 400 ribuan. Berarti cuma berapa persen yang sudah uji emisi," pungkasnya.

(ral/ors)