7 Cara Tidur Cepat, Hidup Jadi Lebih Sehat dan Berkualitas

Tim detikJabar - detikJabar
Senin, 18 Jul 2022 12:31 WIB
Ilustrasi tidur
Ilustrasi cara tidur cepat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov)
Bandung -

Tidur cukup 6-8 jam per hari dianjurkan agar tubuh bisa beristirahat dan kembali berenergi. Selain itu ada banyak manfaat yang didapatkan dari tidur. Seperti meningkatkan memori otak dan meningkatkan konsentrasi, daya kreativitas meningkat, hingga bisa membuat wajah dan kulit lebih sehat.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan tidur yang berkualitas. Memaksakan diri berbaring di ranjang terkadang hanya berakhir dengan gelisah berjam-jam, dan baru benar-benar terlelap lewat tengah malam.

Ada banyak orang mengalami gangguan untuk tidur yang berakibat pada kurangnya waktu tidur. Ini tentu saja merugikan karena bisa membuat daya tahan tubuh melemah, produktivitas menurun dan mudah marah dan perilaku tidak sehat lainnya.


Bagi sebagian orang, mereka harus melakukan berbagai cara untuk bisa tidur cepat sehingga bisa tidur cukup untuk kemudian bangun dalam keadaan yang bugar.

Berikut ini detikJabar merangkum cara tidur cepat yang bisa kamu coba :

1. Bayangkan tempat yang sunyi

Salah satu cara yang diklaim bisa bikin cepat tertidur adalah menghitung domba. Faktanya, membanyangkan tempat atau situasi yang tenang dan sunyi lebih efektif mempercepat tidur. Ini telah diteliti pada tahun 2002 di University of Oxford.

2. Meditasi pernapasan

Latihan pernapasan metode 4-7-8 ini adalah latihan pernapasan yang diadopsi dari praktek meditasi penggiat yoga di India berabad-abad lalu.

Caranya, pastikan kamarmu sudah dalam suasana yang nyaman, lalu rebahkan tubuh di atas tempat tidur. Temukan posisi paling nyaman untuk kamu tidur.

Kemudian, tarik napas melalui hidung selama empat detik, tahan selama tujuh detik, lalu keluarkan perlahan-lahan melalui mulut selama delapan menit. Ulangi terus hingga kamu merasa ngantuk atau tertidur.

3. Pijatan refleksiologi

Ada banyak teknik akupresur yang bisa membantu tidur lebih cepat. Apapun teknik yang digunakan, pijatan secara umum memberikan relaksasi yang sangat dibutuhkan untuk bisa tidur lelap. Seperti :

  • Tahan dan pijat ujung ibu jari serta tahan selama beberapa detik. Pijatan ini dapat membantu untuk mengatur hormon melatonin yang membantu tidur.
  • Gosok dan pijat permukaan ibu jari dan ulangi selama 3 kali. Gerakan ini dapat membantu merilekskan pikiran dan relaksasi.
  • Lakukan pijatan di setiap sela-sela jari selama 3 kali. Pijatan ini membantu relaksasi dan mendorong pernapasan yang lebih dalam sehingga meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh.
  • Lakukan pijatan di area telapak tangan. Gerakan ini membantu melepaskan ketegangan yang terjadi di seluruh tubuh.
  • Terakhir, usap dan pijat ringan area punggung tangan. Memijat menggunakan ibu jari di titik ini dipercaya mampu menenangkan pikiran dan tubuh sehingga akan merasa rileks sebelum tidur.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa dilakukan sebelum kamu tidur malam. Dengan mandi air hangat dapat membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, tubuh yang terkena air panas lalu terpapar suhu udara yang dingin akan membuatmu merasa ngantuk.

5. Musik berirama pelan

Musik yang berirama pelan menjadi cara jitu untuk membuatmu cepat mengantuk. Pilihlah musik beritme lembut dan putar dengan volume sedang. Menurut penelitian, musik dengan tempo lambat 60 hingga 80 beat tiap menit bisa meningkatkan kualitas tidurmu.

Atau bagi muslim, kamu bisa mendengarkan lantunan surat-surat Al-Qur'an atau murattal.

6. Matikan semua gadget

Mematikan semua gadget sebelum tidur akan membuatmu lebih rileks dan mengantuk, karena kamu tidak terfokus untuk melihat sosial media. Selain itu dengan mematikan semua gadget dapat terhindar dari radiasi yang dapat membahayakan kesehatanmu.

7. Aroma terapi

Kamu bisa menciptakan suasana yang rileks dengan aroma terapi. Salah satunya dengan aroma lavender yang bisa menenangkan syaraf dan membuat rileks. Studi tahun 2005 dari Wesleyan University mengatakan bahwa seseorang yang mencium aroma minyak lavender selama 2-3 menit dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, kamu bisa bangun pagi dengan kondisi badan lebih segar.

Itu dia 7 cara tidur cepat yang bisa kamu coba. Semoga berhasil ya!

(tey/tey)