Kabar Nasional

Pilihan Prabowo yang Bikin Banyak Orang Heran

Tim detikNews - detikJabar
Rabu, 06 Jul 2022 21:00 WIB
Prabowo dan Jokowi saling memberikan salam mengatupkan tangan lalu membungkukan dada. Jokowi dan Prabowo juga terlihat saling memberikan hormat, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022).
Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Bandung -

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto blak-blakan soal alasannya mau menjadi Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju. Keputusannya ini, diakui Prabowo sempat membuat banyak pihak terheran-heran mengingat rivalitas di Pilpres.

Saat menghadiri sebuah acara di Bali Nusa Dua Convention Center yang ditayangkan di akun resmi @fraksipartaigerindra, Prabowo mengatakan banyak pihak yang bertanya kenapa dirinya mau bekerjasama dengan Jokowi.

"Politik kita dianggap stabil sekarang. Bayangkan, saya keliling ke mana-mana di dunia mereka bingung. Kok bisa Anda rivalnya Pak Jokowi kok mau sekarang jadi anak buahnya Pak Jokowi?" kata Prabowo seperti dikutip dari detikNews, Rabu (6/7/2022).


Ia membandingkan polarisasi politik di Amerika Serikat antara Demokrat dan Republikan yang masih bersitegang hingga politikus kedua kubu tak mau dudu ksatu meja. Contohnya, saat Donald Trump yang masih tak mau mengakui kekalahannya dari saingannya, Joe Biden.

"Nah mereka bingung, kok di Indonesia bisa. Loh, di Indonesia filosofi kita lain, filosofi kita bahwa kalau kita berbeda pendapat tidak berarti kita harus bermusuhan," ujar Prabowo, yang disambut tepuk tangan hadirin.

Saling silang pendapat di dalam suatu keluarga, dikatakannya, bisa saja terjadi. Walau demikian, hubungan keluarga tetap yang harus dinomorsatukan.

"Nah di situlah budaya Indonesia adalah budaya kekeluargaan. Kita boleh bersaing. Kita boleh berbeda pendapat, tapi ingat kita semua adalah satu keluarga besar. Jadi kita bisa selesaikan perbedaan pendapat," tutur Prabowo.

"Saya ingin jadi presiden, tapi nggak jadi. Mau marah-marah? Mau marah sama Tuhan? Ya nggak bisa, tapi lumayan saya Menhan sekarang," seloroh Prabowo disambut tawa hadirin.

Prabowo lalu bercanda soal posisi dirinya yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, partai pemilik kursi di DPR. Dia berseloroh dirinya tetaplah orang berkuasa di negeri ini.

"Jadi sorry aja ya, aku termasuk satu dari 9 ketua umum (partai di DPR, red). Jadi negara kita ditentukan 9 ketua umum itu, bener nggak? Presiden, ya Presiden. Wapres, ya Wapres. Tapi 9 partai... undang-undang harus disetujui oleh partai politik, lumayan dong gue. Nggak usah sakit hati, bener nggak?" ujar Prabowo yang disambut tepuk tangan dan tawa hadirin.

(yum/yum)