5 Fakta Horor Tabrakan 17 Kendaraan di Tol Cipularang

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Selasa, 28 Jun 2022 09:34 WIB
cover gif kecelakaan beruntun tol cipularang
Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang (Foto: dok. detikcom)
Purwakarta -

Tabrakan beruntun melibatkan 17 kendaraan terjadi di Tol Cipularang. Sedikitnya ada 4 orang mengalami luka berat.

Ada sejumlah fakta mencuat akibat kecelakaan itu. Sebagaimana dirangkum detikJabar, berikut fakta-fakta tabrakan beruntun tersebut :

1. 17 Kendaraan Terlibat Terlibat


Tabrakan beruntun melibatkan 17 kendaraan terjadi di ruas jalan Tol Cipularang. Lokasi insiden kecelakaan itu tepatnya di kilometer 92, Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Informasi dihimpun, tabrakan beruntun ini berlangsung pada pukul 21.00 WIB, Minggu (26/6/2022). Kepala Induk PJR Tol Cipularang AKP Denny Catur mengatakan pihaknya masih mengevakuasi sejumlah korban.

"Iya betul saat ini masih proses evakuasi korban, untuk jelasnya belum ada. Perkiraan ada sekitar 17 kendaraan yang terlibat," ujar Denny melalui sambungan telepon kepada detikJabar.

2. Empat Orang Luka Berat

Empat orang luka berat akibat tabrakan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan di Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Data sementara polisi menyebutkan 17 kendaraan berbagai jenis yang mengalami insiden kecelakaan tersebut.

"Sementara untuk korban luka berat ada empat orang, lainnya luka ringan," kata Kepala Induk PJR Tol Cipularang AKP Denny di lokasi kejadian, Senin (27/6/2022).

Proses evakuasi para korban dan bangkai kendaraan yang terlibat kecelakaan di Tol Cipularang terus dilakukan petugas dari Unit Laka Lantas Polres Purwakarta, PJR Tol Cipularang, Jasa Marga dan petugas derek.

3. Bus Diduga Picu Tabrakan Beruntun

Kecelakaan beruntun melibatkan 17 kendaraan terjadi di ruas jalan Tol Cipularang, KM 92 Purwakarta. Kendaraan yang terlibat mulai dari minibus hingga bus.

Usai menangani kecelakaan itu, petugas berusaha melakukan pemeriksaan awal guna mengungkap penyebab kecelakaan itu. Dari hasil pemeriksaan dan informasi, polisi menduga bus PO Laju Prima menjadi pemicu kecelakaan ini.

"Sampai saat ini yang terdata 17 kendaraan, yang terlibat ada minibus beberapa. Ada satu kendaraan bus yang diduga sampai saat ini kita telusuri dulu apakah ada gangguan, kita cek kembali pada saat penyelidikan," ujar Kepala Induk PJR Tol Cipularang AKP Denny Catur, di lokasi kejadian, Senin (27/06/2022).

Polisi belum bisa memastikan apakah bus itu menjadi penyebab utama kecelakaan beruntun tersebut. Denny mengatakan hal itu akan diselidiki oleh penyidik dari Satlantas Polres Purwakarta.

"Kalau dari informasi yang kita dapat bus paling belakang menuju ke paling depan, masih tahap penyelidikan, yang pertama nabrak dari belakang bus," katanya.

4. Cerita Horor Tabrakan Beruntun

Tabrakan beruntun melibatkan 17 kendaraan terjadi di ruas Tol Cipularang, Purwakarta. Bus yang diduga pemicu kecelakaan tersebut sempat oleng hingga menabrak kendaraan lain.

"Saya duduk di belakang, tiba-tiba nabrak busnya oleng, saya lagi makan di belakang, Ya nabrak, kurang tau berapa (jumlah bis)," ujar Ayi, salah satu penumpang yang tengah menunggu bus pengganti dari pihak perusahaan bus itu, di GT Jatiluhur, Senin (27/06/2022).

Ayi tidak bisa memastikan jika bus mengalami masalah fungsi rem atau gangguan lainnya yang vital. Dia hanya mengetahui bus oleng kemudian menabrak.

"Dari perjalanan belum oleng (berangkat), tiba-tiba saja benturan. Kalau untuk fungsi rem, saya kurang tahu," katanya.

5. Sopir Bus Diperiksa

Polisi masih menyelidiki insiden tabrakan beruntun 17 kendaraan di ruas tol Cipularang. Sejumlah saksi diperiksa termasuk sopir bus.

"Saat ini polres Purwakarta sedang melakukan pemeriksaan saksi-saksi atau petugas yang ada di TKP," ujar Kapolres Purwakarta AKBP Suharyadi Hery Haryanto di Mapolres Purwakarta, Senin (27/06/2022).

Suharyadi menjelaskan, saksi-saksi yang dimaksud adalah petugas yang terjun ke TKP, pemeriksaan para korban selamat, pemeriksaan para pengemudi kendaraan yang terlibat, termasuk sopir bus PO Laju Prima yang dugaan sementara menjadi pemicu kecelakaan.

"Iya sopir bus kita lakukan pemeriksaan," ujar dia.



Simak Video "Tol Cipularang Arah Jakarta Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/tey)