Pilpres 2024

PAN Cirebon Sodorkan 4 Nama Capres, Tak Ada Nama Ridwan Kamil

Ony Syahroni - detikJabar
Minggu, 26 Jun 2022 20:31 WIB
PAN Cirebon
PAN Cirebon (Foto: Ony Syahroni/detikJabar).
Cirebon -

Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Cirebon menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) dalam rangka untuk mengusulkan nama-nama calon Presiden pada Pemilu di 2024 mendatang.

Dalam Rakerda tersebut, setidaknya ada empat nama yang diusulkan oleh pengurus DPD PAN Kabupaten Cirebon sebagai kandidat calon Presiden di 2024 nanti.

Ke empatnya yakni, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sunoto yang merupakan salah seorang pendiri PAN asal Cirebon.


"Dalam Rakerda ini secara resmi kita usulkan empat nama sebagai calon Presiden. Kita diperintahkan oleh Ketum untuk menggelar Rakerda untuk menyerap aspirasi terkait dengan calon Presiden," kata Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon, Heru Subagia di Cirebon, Minggu (26/6/2022).

Menurut Heru, empat nama kandidat Capres usulan DPD PAN Kabupaten Cirebon itu, nantinya akan disodorkan ke Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DPW PAN Jawa Barat sebelum kemudian diteruskan ke DPP.

Heru menjelaskan beberapa hal yang menjadi alasan bagi DPD PAN Kabupaten Cirebon mengusulkan empat nama sebagai Capres di 2024. Mulai dari Zulkifli Hasan, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan hingga Sunoto.

"Pertama adalah Bang Zulkifli Hasan, selaku Ketum kita, beliau adalah kader terbaik di internal partai dan saat ini telah masuk ke koalisi KIB. Jadi ada kesempatan untuk diangkat sebagai Capres di 2024," kata Heru.

Selanjutnya, Ganjar Pranowo. Menurut Heru, Gubernur Jawa Tengah itu adalah sosok yang sejauh ini memiliki elektabilitas cukup tinggi. Hal ini lah yang kemudian menjadi alasan bagi DPD PAN Kabupaten Cirebon mengusulkan Ganjar Pranowo sebagai Capres di 2024.

"Kemudian kami juga mengusulkan Pak Sunoto. Beliau adalah sosok pendiri PAN. Beliau adalah yang melahirkan PAN bersama para pendiri-pendiri lainnya. Selain itu, beliau juga adalah sosok yang memiliki gagasan pemikiran yang sangat luar biasa," kata dia.

Sementara itu, adapun nama lainnya yang juga diusulkan sebagai kandidat calon Presiden adalah Anies Baswedan. Kata Heru, Gubernur DKI Jakarta itu diusulkan sebagai capres berdasarkan aspirasi dari sebagian masyarakat di Kabupaten Cirebon.

(mso/mso)