BKSDA Ciamis Rawat 3 Buaya dari Warga yang 'Nyerah'

Dadang Hermansyah - detikJabar
Minggu, 26 Jun 2022 16:00 WIB
Buaya yang dirawat di BKSDA Ciamis.
Buaya yang dirawat di BKSDA Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar)
Ciamis -

Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Ciamis mengamankan tiga buaya muara. Satwa dilindungi itu diserahkan oleh masyarakat.

Tiga buaya tersebut sebelumnya dipelihara warga Cirebon dan warga Pangandaran. Kemungkinan pemelihara kesulitan memberi pakan. Pemelihara juga mengetahui buaya tersebut dilindungi sehingga langsung diserahkan ke BKSDA.

Reptil bernama latin Crocodylus porosus tersebut berjenis kelamin betina. Memiliki panjang sekitar 2 meter dan berat 100 kilogram. Saat ini tiga ekor buaya muara itu tersimpan di kandang transit Bidang KSDA Wilayah III Ciamis.


"Ya betul tiga ekor buaya muara ini penyerahan dari warga Pangandaran dan Cirebon. Ini sebagai bukti kesadaran masyarakat bahwa tidak boleh memelihara satwa dilindungi," ujar Dindin Kustina, Staf Fungsional Bidang KSDA Wilayah III Ciamis, Minggu (26/6/2022).

Tiga buaya muara itu sudah berada cukup lama di Bidang KSDA III Ciamis. Mengingat terkendala dengan penitipan satwa. Biasanya satwa tersebut dititipkan di Lembaga Konservasi Umum sebelum dilepasliarkan. Sedangkan di Jabar hanya ada di Taman Satwa Cikembulan Garut.

"Kondisi kandang reptil, khususnya buaya di tempat itu sudah penuh jadi sampai saat ini belum bisa menerima. Karena menurut pengalaman mereka buaya itu tidak bisa dalam satu kandang, harus terpisah. Kecuali pada saat musim kawin," ungkap Dindin.

Untuk itu, sementara waktu tiga ekor buaya tersebut dirawat di kandang transit Bidang KSDA Wilayah III Ciamis. Pihaknya pun mengimbau masyarakat tidak memelihara satwa liar dilindungi karena akan terancam pidana.

(ors/ors)