Viral Video Habib Bahar Sebut Haikal Hassan dan Prabowo Pengkhianat

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Jumat, 20 Mei 2022 16:35 WIB
Habib Bahar bin Smith akan dihadirkan langsung sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Bandung. Bahar akan menjalani sidang kasus penyebaran berita bohong.
Habib Bahar bin Smith (Wisma Putra/detikJabar)
Bandung -

Habib Bahar bin Smith berbicara soal sosok Haikal Hassan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Dia menyebut kedua orang tersebut sebagai pengkhianat.

Ucapan Bahar tersebut terekam dalam video. Adapun video berdurasi singkat itu tersebar di media sosial (medsos) hingga viral.

Sebagaimana dilihat detikJabar pada Jumat (20/5/2022) pukul 16.00 WIB, salah satu akun Facebook mengunggah video Bahar tengah berbincang dengan seorang pria berpeci hitam dan masker biru. Pria yang berbincang dengan Bahar tersebut bernama Gus Rofii.


Awalnya, dalam video terlihat Bahar dan Gus Rofii tampak bercanda. Bahar tiba-tiba menanyakan tempat tinggal Gus Rofii.

"Antum tinggal di mana?" tanya Bahar yang terlihat mengenakan pakaian biru itu.

"Ana Kediri," kata Gus Rofii.

Gus Rofii saat itu tiba-tiba berbicara soal Haikal Hassan. Namun, belum sempat menyelesaikan bicaranya, Bahar lantas memotong dan berbicara soal pengkhianat. Termasuk berbicara soal Prabowo.

"Ah nggak... nggak..., Haikal Hassan pengkhianat, Prabowo pengkhianat. Haikal Hassan pengkhianat, nggak ada urusan sama ana," tutur Bahar.

Pemilik Ponpes Tajul Allawiyin, Bogor, itu kembali menimpali dengan meminta agar tak menyebut nama Haikal Hassan di hadapannya. Menurut dia, Haikal Hassan sudah membuat noda di hatinya.

"Antum jangan sebut-sebut nama pengkhianat di depan ana. Haikal Hassan itu pengkhianat, orang-orang yang khianat nggak ada tempat di hati ana. Ana orangnya hitam hitam, putih putih, nggak ada abu-abu, itu Bahar bin Ali bin Smith," kata Bahar.

Dimintai konfirmasi terpisah, Ichwan Tuankotta selaku kuasa hukum Bahar membenarkan soal video tersebut. Menurut dia, ucapan Bahar itu dilontarkan di sela-sela sidang kasus penyebaran hoaks di Pengadilan Negeri (PN) Bandung pada pekan lalu.

"Itu saat break. Gus Rofii datang ke Habib Bahar lalu diomongin. Gus Rofii yang mulai 'itu Haikal Hassan gimana'," kata Ichwan.

(dir/bbn)