Sesepuh NU Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024

Sudirman Wawad - detikJabar
Rabu, 18 Mei 2022 21:30 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Istimewa/Humas Jabar).
Bandung -

Dukungan kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil untuk maju di Pilpres 2024 terus mengalir. Salah satunya dari tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Ghozi Wahid Wabah Hasbullah.

Dalam keterangan yang diterima detikJabar, Ghozi Wahid bertemu dengan Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) yang merupakan relawan Ridwan Kamil. Dalam pertemuan itu, Ghozi Wahid mendukung Ridwan Kamil maju di Pilpres 2024. Sekadar diketahui, Ghozi Wahid merupakan cucu pendiri NU, yakni almarhum KH Wahab Cahasbullah.

"Saya melihat Ridwan Kamil ini penuh dedikasi dan berorientasi membangun Indonesia ke depan," kata Ghozi Wahid dalam keterangan yang diterima, Rabu (18/5/2022).


Ghozi Wahid menjelaskan alasannya menjagokan Ridwan Kamil maju di Pilpres 2024. "Ridwan Kamil seorang akademisi, tapi kesehariannya begitu merakyat," kata kiai asal Jawa Tengah (Jateng) itu.

Lebih lanjut, Ghozi Wahid menilai cakupan program petani milenial harus diperluas skala nasional. Sebab, lanjut dia, program tersebut dinilai akan membantu ketahanan pangan di Indonesia.

"Jangan lupa pula, perkembangan bisnis dunia sekarang serba sistem online. Ridwan Kamil paham dan menguasai betul yang demikian. Kalau (dia) jadi presiden, perdagangan Indonesia akan semakin juara," ucap Ghozi Wahid.

Sementara itu, Juru bicara GNIJ Nunung Sanusi mengatakan dukungan dari Ghozi Wahid memotivasi relawan untuk terus bergerak menyosialisasikan keberhasilan program Ridwan Kamil. Ia juga mengatakan dalam waktu dekat GNIJ melakukan deklarasi di Jateng.

"Ini merupakan harapan dan cita-cita bersama, mendukung sepenuhnya Ridwan Kamil sebagai Presiden RI, dengan agenda deklarasi GNIJ Jateng," kata Nunung Sanusi.

Dukungan Pemuda Nasrani untuk Ridwan Kamil

Selain dari tokoh NU, dukungan juga datang dari Pemuda Nasrani di Sumdeang. Mereka mendorong agar Ridwan Kamil maju bertarung di Pilpres 2024.

Koordinator Utama Anak Muda Gereja Sumedang (AMGS) Bagas Tarigan menyatakan dia bersama rekan-rekannya mendukung Ridwan Kamil maju di Pilpres 2024. Hal itu didasari keinginannya dalam mempertahankan keutuhan NKRI.

"Tidak bisa ditawar lagi, sekarang modal utama kita adalah kondusivitas dan kerukunan masyarakat. Kita tidak akan bisa membangun kalau ada perpecahan, ada konflik di antara masyarakat," katanya.

Bagas pun menilai Ridwan Kamil sebagai sosok yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga keutuhan dan persatuan di masyarakat. Menurutnya, ini terlihat dari pernyataan-pernyataan mantan wali kota Bandung itu yang merangkul semua pihak tanpa melihat latar belakang suku, agama, dan ras.

"Kita bisa lihat langsung di postingan-postingan di media sosialnya. Kang Emil sangat paham bahwa menjaga toleransi, persatuan dan kerukunan masyarakat merupakan modal utama Indonesia dalam membangun. Itu dulu," jelasnya.

Dia juga mengajak generasi muda agar lebih berpikir cermat dalam menentukan pilihan. "Pilihan kita akan menentukan nasib dan masa depan bangsa, masa depan kita," ujarnya.

(sud/mso)