Maaf, Konser Musik Outdoor Masih Dilarang di Kota Bandung

Rifat Alhamidi - detikJabar
Rabu, 18 Mei 2022 10:46 WIB
Rear view of excited crowd enjoying a DJ performance at a festival. There are many raised hands, some of the holding cell phones and taping the show.
People in foreground are released.
Ilustrasi konser musik (Foto: iStock)
Bandung -

Anji menambah daftar musisi tanah air yang gagal manggung di Bandung. Alasan perizinan dan situasi pandemi COVID-19 yang mengakibatkan pelantun lagu 'Dia' itu dilarang mengisi konser dalam perhelatan acara DCDC for You Bersih-bersih Kota Bandung pada Senin (16/5) kemarin.

Satgas COVID-19 Kota Bandung pun kembali menegaskan bahwa konser musik yang bersifat outdoor atau di luar ruangan masih dilarang di Bandung. Hal itu lah yang menjadi pertimbangan mengapa Anji, yang menjadi salah satu talent dalam acara DCDC tak mendapat izin dari satgas maupun pihak kepolisian.

"Di Perwal yg sekarang belum diperbolehkan untuk konser musik outdoor. Kita hanya membolehkan yang di indoor aja," kata Kasatgas COVID-19 Kota Bandung Asep Gufron saat berbincang dengan detikJabar via telepon, Selasa (17/5/2022).


Sesuai perwal, kata Asep, kapasitas penonton yang menghadiri konser musik indoor juga ikut dibatasi. Jadi, panitia tak bisa menggunakan ruangan tersebut secara full untuk menghindari terjadinya kerumunan massa.

"Nah untuk indoor itu, kapasitas gedungnya diatur sesuai perwal. Itu yang di dalam, kalau yang di luar, di perwal yang baru hingga sekarang belum diperbolehkan," ungkapnya.

Konser indoor yang mengundang massa banyak pun kata Asep, harus mengantongi izin keramaian dari kepolisian. Jika perizinan itu belum ditempuh, maka tetap saja gelaran konser musik tak bisa dilakukan meski dilakukan di dalam ruangan.

"Tapi kan sebelumnya harus diurus dulu izin keramaiannya ke polisi. Kalau izin keramaian diterbitkan kepolisian, ya kenapa tidak. Yang jelas asal amanat perwal dipenuhi, silakan. Itu diperbolehkan," pungkasnya.

Penyanyi solo Anji sebelumnya curhat di media sosial (medsos) saat hendak menggelar acara musik di Bandung. Mantan vokalis Drive ini mengaku bingung karena malah dilarang manggung di Bandung, padahal semua persiapannya telah ditempuh.

Curhatannya itu ia sampaikan melalui Instagram pribadinya. Sembari mengunggah foto berlatar panggung musik, Anji diketahui batal manggung di Bandung bersama sejumlah pengisi acara lain seperti Eddi Brokoli hingga Melly Mono eks vocalis band She.

"ADA YANG ANEH DENGAN BANDUNG. Panggung sudah berdiri, semua pengisi acara sudah siap, tapi acara batal dapat izin di Hari H," tulis Anji seperti dilihat detikJabar dalam unggahan Instagram pribadinya, Selasa (17/5/2022).

Anji mengaku, acara tersebut sebetulnya terbatas dan tidak mengumpulkan banyak orang. Belakangan diketahui, acara musik yang dilarang tersebut bertemakan DCDC for You Bersih-bersih Kota Bandung, Senin (16/5) kemarin.

"Entah apa alasannya. Padahal ini acara untuk undangan TERBATAS. Jadi kalau ada alasan bakal mengumpulkan massa, jelas tidak. Lagian kalau alasannya itu, beberapa minggu sebelumnya DI TEMPAT SAMA diadakan acara yang didatangi massa banyak, dan tidak apa-apa," tuturnya.

(ral/yum)