4 Fakta di Balik 2 Balita Tenggelam-Tewas di Kolam Renang Villa Lembang

4 Fakta di Balik 2 Balita Tenggelam-Tewas di Kolam Renang Villa Lembang

Whisnu Pradana - detikJabar
Senin, 04 Apr 2022 13:24 WIB
Dua bocah ditemukan tewas tenggelam di kolam renang sebuah villa Bandung Barat.
Balita ditemukan tewas tenggelam di kolam renang sebuah villa Lembang (Foto: Istimewa).
Bandung Barat -

Naas menimpa Riri (3) dan Rafa (4), dua balita asal Kampung Cibeunying, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang ditemukan tewas pada Sabtu (2/4/2022).

Keduanya tewas setelah tenggelam di area kolam renang Villa Bellevue yang tak jauh dari kediaman mereka. Kini Riri dan Rafa sudah dikebumikan pihak keluarga yang ikhlas melepas keduanya.

Berikut fakta-fakta di balik tewasnya dua balita tersebut.


1. Tewas Tenggelam di Kolam Renang Villa

Riri (3) dan Rafa (4), kakak adik warga Kampung Cibeunying, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ditemukan tewas.

Keduanya ditemukan tewas tenggelam di sebuah kolam renang yang ada di area Villa Bellevue. Saat ditemukan oleh kerabat korban, keduanya dalam posisi mengambang di kolam renang tersebut.

"Iya betul kejadiannya kemarin (Sabtu) sekitar jam 5 sore. Korbannya ada dua, masih anak-anak usianya juga sekitar 3 tahun," ungkap Kepala Desa Cibodas Dindin Sukaya saat dihubungi detikJabar.

Dindin menyebut kedua korban diduga bermain di dekat area kolam renang sampai akhirnya tercebur dan ditemukan tewas oleh kerabat korban yang memang diminta mencari keduanya oleh ibu korban.

"Kemudian ditemukan oleh saudaranya dalam kondisi mengambang di kolam renang. Dari situ dilaporkan soal kejadian tersebut dan datang warga menolong," tutur Dindin.

2. Lolos dari Pengawasan Ortu dan Penjaga Villa

Tewasnya Riri (3) dan Rafa (4) menjadi pukulan telah bagi keluarga dan pihak Desa Cibodas. Bagaimana tidak, dua balita itu bisa masuk ke area villa secara leluasa sampai akhirnya ditemukan tak bernyawa.

"Sebetulnya ke villa itu menanjak. Jadi sudah saya sampaikan kejadian ini ada faktor keteledoran semua pihak, baik orangtua maupun penjaga villa," ungkap Kepala Desa Cibodas Dindin Sukaya.

Lepas dari pengawasan orang tuanya, kedua bocah tersebut diduga masuk ke area villa saat penjaganya sedang menjalankan salat ashar, mengingat waktu kejadiannya antara pukul 16.30 WIB sampai 17.00 WIB.

"Jadi saat itu penjaga villa sedang salat ashar. Kemungkinan pagar villa yang berbatasan dengan permukiman warga enggak terkunci, jadi mereka bisa masuk ke area kolam renang," ujar Dindin.

3. Korban Merupakan Warga Sekitar

Dua balita warga Kampung Cibeunying, RT 03/RW 13, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tewas tenggelam di kolam renang Villa Bellevue, Sabtu (2/4/2022).

Korban atas nama Riri (3) dan Rafa (4) merupakan warga sekitar yang kediamannya tak jauh dari villa tersebut. Nahas mereka tewas karena teledornya semua pihak yang berkewajiban mengawasi mereka.

Namun tak diketahui apakah mereka memang sering masuk ke area villa yang kebetulan tak jauh dari rumah mereka hingga akhirnya menemui ajal di villa tersebut.

4. Selesai Secara Kekeluargaan

Pihak keluarga Riri (3) dan Rafa (4), dua balita yang tewas tenggelam di kolam renang Villa Bellevue, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pasrah menerima takdir.

Kepala Desa Cibodas, Dindin Sukaya, mengatakan Keluarga korban sudah menerima kejadian tersebut sebagai musibah. Insiden tewasnya dua balita di villa tersebut sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

"Alhamdulillah sudah selesai, kemarin sudah bermusyawarah dan menerima ini sebagai musibah. Untuk korban sudah dimakamkan, yang Riri kemarin kalau Rafa baru dimakamkan hari ini," ujar Dindin.

(mso/bbn)