14 Ribu Liter Migor Curah Tumpah di Ciamis, Warga Berebut Bawa Ember

Dadang Hermansyah - detikJabar
Selasa, 29 Mar 2022 18:07 WIB
Truk pengangkut minyak goreng curah terguling di Muktisari, Ciamis.
Truk pengangkut minyak goreng curah terguling di Muktisari, Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Sebuah truk tangki pengangkut minyak goreng curah terguling di Jalan Ciamis-Cirebon, tepatnya Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (29/3/2022). Akibatnya, muatan minyak goreng sekitar 14 ribu liter tumpah ke parit dan ke jalan.

Masyarakat sekitar kemudian langsung berebut dan mengambil minyak goreng yang tumpah tersebut. Ada yang menggunakan ember, baskom dan jerigen. Namun tidak diketahui dibawa ke rumah atau hanya mengamankan. Diduga truk tangki mengalami rem blong saat di turunan.

Menurut informasi dari warga setempat, kecelakaan tunggal ini bermula dari truk tangki minyak goreng itu melaju dari arah Cirebon menuju Ciamis. Namun sebelum tikungan diduga truk mengalami rem blong. Tangki langsung menabrak tebing hingga terguling.


"Saat kejadian saya sedang berada di atas. Melihat mobil truk ini di turunan cukup kencang lalu langsung menabrak tebing tembok sampai terguling. Diduga rem blong," ujar Suparto, warga setempat.

Setelah terguling, muatan minyak goreng tersebut langsung mengalir keluar ke parit dan ke jalan. Warga yang mengetahui kejadian ini langsung beramai-ramai mengambil minyak tersebut.

"Iya ada tadi warga ngambil minyak goreng itu, ada yang pakai ember, baskom dan lainnya. Sebagian lagi memang terus mengalir terbuang," ungkapnya.

Menurut Suparto, sopir dan kernet di dalam truk tangki tersebut mengalami luka-luka. Kemudian warga menghubungi ambulans dan mengevakuasinya ke rumah sakit. "Keduanya terluka dan dibawa ke rumah sakit," ucapnya.

Suparto menyebut tangki minyak itu berasal dari sebuah perusahaan distributor minyak goreng curah di Ciamis. Tangki habis membawa minyak goreng dari wilayah Cirebon untuk didistribusikan di Ciamis.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo membenarkan kecelakaan tunggal truk tangki Z 9756 TA yang mengangkut minyak goreng curah.

Truk Tangki yang dikemudikan oleh Anwar Alamir dan penumpang Heri ini datang dari Cipaku menuju Ciamis. Kemudian sesampainya di tempat kejadian menemui jalan menikung ke kiri sehingga oleng dan menabrak Kirmir rumah warga.

"Jalan menikung ke kirim lalu oleng dan menabrak Kirmir rumah warga sehingga terguling. Sopir dan penumpang (kernet) mengalami luka, dibawa ke Puskesmas Cipaku lalu dirujuk ke RSUD Ciamis," jelas Wibowo.



Simak Video "17 Bangunan di Sukabumi Rusak Dihantam Gelombang Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/bbn)