Kapolres Sumedang Keliling Pantau Vaksinasi Warga

Nur Azis - detikJabar
Selasa, 08 Mar 2022 01:38 WIB
Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto memantau jalannya pelaksanaan vaksinasi demi mencapai target 90 persen vaksinasi dosis 1 di Sumedang.
Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto (berhelm) saat memantau jalannya pelaksanaan vaksinasi. (Foto: Nur Azis/detikJabar)
Sumedang -

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto memantau langsung ke setiap puskesmas dan sejumlah tempat pelaksanaan vaksinasi. Pemantauan tersebut berkaitan target 90 persen vaksinasi dosis 1 di Sumedang dalam sepekan ini.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka kematian pasien COVID-19 yang belum divaksinasi sama sekali. Eko berkeliling ke setiap lokasi tempat pelaksanaan vaksinasi setiap harinya selama sepekan.

"Saya mengecek sampling sampai tujuh hari ke depan, setiap puskesmas ditargetkan dapat menyasar 100 orang yang divaksinasi dosis pertama," kata Eko kepada detikJabar, Senin (7/3/2022).


Eko yang didampingi anggotanya bukan tanpa alasan melakukan hal itu. Sebab, saat ini masih ditemukan kasus kematian dari pasien COVID-19 yang belum divaksinasi di Sumedang.

Terkait hal itu, menurut Eko, diperlukan kerja sama semua pihak yakni Bhabinkhamtibmas, Babinsa, petugas puskesmas dan kader Posyandu untuk mengidentifikasi masyarakat yang belum divaksinasi di tingkat RT-RW hingga desa-kelurahan. "Semisal warga hari ini belum bisa divaksin, nanti kami akan beri kelonggaran melalui undangan vaksin. Kalau pun warga siapnya semisal malam hari, kami pun telah menyiapkan tenaga relawan untuk melaksanakan vaksinasi itu," tutur Eko.

Dia berharap dalam sepekan ke depan target 90 persen vaksinasi di Kabupaten Sumedang sudah dapat tercapai. "Semoga dalam satu minggu ke depan Sumedang sudah di atas 90 persen. Hal ini untuk menekan penyebaran dan angka kematian akibat COVID-19," kata Eko.

Sekretaris Kelurahan Talun Wawan Hermawan mengatakan wilayahnya menjadi kelurahan terbanyak dalam menyasar target vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 di Kecamatan Sumedang Utara. "Jadi dari 6.500 jiwa warga Talun sudah 90 persen lebih yang telah divaksin dosis satu dan dosis dua," ucapnya.

Saat ini, menurut dia, Kelurahan Talun gencar melaksanakan vaksinasi dosis 3. "Saat ini target sasaran untuk 100 orang vaksin dosis 3," ujar Wawan.



Simak Video "Warning! Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat 15 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/bbn)