Soal Wacana Penundaan Pemilu, Rizal Ramli: Mereka Enggak Siap Kompetisi

Ony Putra - detikJabar
Senin, 28 Feb 2022 00:12 WIB
Rizal Ramli mendatangi Mahkamah Konstitusi hari ini, Jumat (4/9/2020). Kedatangannya untuk mengajukan uji materi terkait syarat presidential threshold.
Rizal Ramli (Foto: Ari Saputra/detikcom).
Cirebon -

Ekonom senior Rizal Ramli angkat bicara menanggapi adanya sejumlah ketua partai politik (parpol) yang menginginkan penundaan jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 maupun perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo.

Ia memandang para ketua parpol yang menginginkan penundaan jadwal Pemilu maupun perpanjangan masa jabatan presiden adalah mereka yang tidak siap untuk bertarung di ajang pesta demokrasi lima tahunan yang sedianya digelar pada 2024 mendatang.

"Kalau saya analisa, kebanyakan mereka ini adalah orang-orang yang kalau berkompetisi enggak siap. Kan sama kaya kita ujian, kalau memang kita sudah siap ujian, kapan saja kita siap," kata Rizal Ramli di kota Cirebon, Minggu (27/2/2022).


Di samping itu, ia juga menganggap para ketua parpol yang mengusulkan penundaan jadwal Pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden ini telah mengkhianati cita-cita reformasi.

"Karena reformasi mengatakan, maksimal jabatan presiden hanya dua kali," kata dia.

Seperti diketahui, soal penundaan jadwal Pemilu mulai diusulkan oleh sejumlah ketua parpol. Salah satunya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Wakil Ketua DPR yang akrab disapa Gus Muhaimin ini pun menjelaskan alasannya.

Menurut dia, saat ini merupakan momentum untuk perbaikan di sektor ekonomi. Sehingga jangan sampai terganggu dengan adanya gelaran Pemilu yang sedianya digelar di 2024 mendatang.

"Soal Pemilu diundur adalah ide saya. Untuk bagaimana agar momentum pertumbuhan ekonomi yang membaik ini tidak terganggu oleh Pemilu. Tapi itu semua tergantung kepada Presiden dan partai-partai," kata Gus Muhaimin kepada wartawan di Cirebon, Sabtu (26/2/2022).

Gus Muhaimin pun menanggapi santai dengan adanya sejumlah pihak yang menyatakan menolak jika Pemilu 2024 diundur. "Ya biasa, namanya usulan pasti ada yang pro dan kontra," kata dia.



Simak Video "Rizal Ramli Sebut Jokowi Takut Kalau Tak Lagi Jadi Presiden"
[Gambas:Video 20detik]
(mso/mso)