Tanda-tanda Kecil Menjelang Hari Kiamat, Sebagian Sudah Terjadi?

Tanda-tanda Kecil Menjelang Hari Kiamat, Sebagian Sudah Terjadi?

Azkia Nurfajrina - detikHikmah
Rabu, 07 Des 2022 07:00 WIB
Planet Earth and big asteroid in the space. Concept a potentially hazardous object (PHO). Potentially hazardous asteroids (PHAs). Asteroid in outer space near Earth planet. Stony-iron meteorite is solar system. Elements of this image furnished by NASA. ______ Url(s):
Tanda-tanda kiamat. Foto: Getty Images/iStockphoto/buradaki
Jakarta -

Islam meyakini adanya hari kiamat di mana alam semesta beserta isinya hancur. Tak ada yang mengetahui kapan datangnya hari akhir itu melainkan hanya Allah SWT semata. Tetapi Allah melalui Nabi SAW telah menginformasikan sejumlah tanda-tanda datangnya hari kiamat.


Dalam buku Belajar Aqidah Akhlak oleh Muhammad Asroruddin Al-Jumhuri dijelaskan bahwa hari kiamat dibagi menjadi dua macamnya, salah satunya adalah kiamat sughra (kecil). Kiamat kecil sudah terjadi lebih dahulu sebelum kiamat sesungguhnya yakni berupa tanda-tanda yang dimaksudkan sebagai peringatan supaya umat manusia bisa mempersiapkan diri dengan berbagai amal ibadah.


Apa Saja Tanda-tanda Kiamat Kecil?


Abd al-Wahhab Abd al-Salam Tawilah dalam buku Mengungkap Berita Besar dalam Kitab Suci menyebutkan sejumlah tanda-tanda kecil hari kimata, tetapi ia juga membaginya kepada tiga bagian, yakni: yang telah terjadi, yang sedang berlangsung, dan yang belum muncul.


Tanda-tanda yang telah terjadi

  1. Diutusnya Nabi Muhammad SAW dan wafatnya beliau
  2. Penaklukan Baitul Makdis pada tahun 16 H atau 636 M
  3. Kematian kaum muslimin secara serentak. Yakni ketika kota Syam terserang wabah 'amawas pada tahun 18 H. Kala itu lebih dari 25.00 sahabat Nabi SAW meninggal dunia.
  4. Harta yang berlimpah, sehingga enggan menerima sedekah. Seperti yang terjadi pada masa Utsman bin Affan, di mana seorang yang hendak bersedekah menawarkan kepada penerimanya, tetapi ditolak karena tidak membutuhkan sedekah.
  5. Munculnya fitnah dan peperangan di antara umat Islam. Pernah terjadi ketika pembunuhan khalifah Utsman bin Affan, kala itu rakyat banyak yang ingin membunuhnya. Sehingga di kalangan umat muslim banyak terjadi permusuhan serta peperangan.
  6. Api keluar dari tanah Hijaz pada tahun 654 H di Timur kota Madinah seperti gunung meletus.
  7. Perang melawan bangsa Tartar dan Mongol, terjadi pada abad ke-7 hijriah. Ketika itu kerajaan Mongol dan Tartar menyerang wilayah kekuasaan Islam.
  8. Penaklukan Kota Konstantinopel pertama di tahun 857 H atau 1453 M, di bawah pimpinan Muhammad Al-Fatih.


Tanda-tanda kiamat yang sedang berlangsung

  1. Muncul nabi-nabi palsu. Hingga sekarang ini sudah banyak kemunculan nabi palsu yang membawa sekte juga agama yang sesat.
  2. Orang miskin Arab berlomba untuk meninggikan rumah mereka. Maksudnya, dulu kaum Arab banyak yang menggembala kambing sehingga tidak memiliki harta. Tetapi sekarang bangsa Arab diberikan kekayaan dari tanahnya sehingga memiliki banyak harta di dunia yang dibuat rumah hingga bertingkat tinggi.
  3. Kemaksiatan meluas, seperti: banyaknya wanita yang berpakaian seakan ia telanjang, meniru kebiasaan umat terdahulu dan orang-orang jahiliyah, serta zina yang telah banyak dilakukan.
  4. Amanat yang diselewengkan dengan menyerahkannya kepada yang bukan ahli, juga memercayai orang yang berbohong.
  5. Ilmu yang semakin sedikit, sehingga merajalelanya kebodohan.
  6. Munculnya kerusakan di kehidupan manusia, yakni memutuskan silaturahim, banyak yang berbuat keji, dan pembunuhan di mana-mana.
  7. Maraknya perdagangan dan sulitnya perkara yang halal. Banyak berdirinya pasar untuk pemenuhan kebutuhan manusia, serta mereka mencari harta tanpa peduli melalui jalan yang haram atau halal.
  8. Waktu yang semakin terasa cepat.
  9. Kelemahan kaum muslimin dan menghancurkan umat. Seperti halnya banyak yang mengadu domba di antara umat Islam sendiri, sehingga terjadinya perpecahan.


Tanda-tanda yang belum muncul

1. Kembalinya pemerintahan kekhalifahan

Kekhalifahan di sini menurut Abd al-Wahhab Abd al-Salam Tawilah kelak berada di Palestina, yakni Yerusalem sebelum kemunculan Al-Mahdi. Seperti dalam hadits Rasulullah, dari Abdullah bin Hiwalah, ia berkata bahwa:


"Nabi SAW meletakkan tangannya di atas kepalaku sambil bersabda, "Wahai Ibnu Hiwalah, jika engkau melihat khalifah telah turun di bumi suci (Palestina) maka bencana, kekacauan, dan perkara-perkara besar telah dekat. Pada hari itu kiamat lebih dekat kepada manusia daripada tanganku ke kepalamu." (HR Abu Dawud)

2. Munculnya Imam Mahdi

Yaitu datangnya orang saleh pada akhir zaman, yang akan menegakkan keadilan juga mengurusi perkara sesuai ajaran agama Islam. Dikatakan bahwa ia berasal dari nasab Nabi Rasulullah. Sebagaimana sabda beliau dari Ibnu Mas'ud:


"Tidak tersisa di dunia ini, kecuali satu hari yang akan dipanjangkan Allah hingga mengutus seseorang dariku atau ahli bait, namanya sesuai dengan namaku, nama ayahnya sesuai dengan nama ayahku, dan dia akan memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana bumi dipenuhi dengan kezaliman." (HR Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad)


Itulah sejumlah tanda-tanda hari kiamat, semoga Allah SWT menjaga kita untuk selalu menjadi hamba-Nya yang bertakwa.



Simak Video "5 Skenario Kiamat Menurut Para Ilmuwan "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)