Persiapan Seleksi Masuk PTN 2023, Cermati 10 Tips Tentukan Kampus Tujuan

Anisa Rizki - detikEdu
Sabtu, 12 Nov 2022 19:30 WIB
Gedung Rektorat Unpad
Foto: Gedung Rektorat Unpad (dok. Unpad)
Jakarta -

Dalam memilih perguruan tinggi negeri (PTN) tentu calon mahasiswa harus mempertimbangkan banyak hal. Terlebih, seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru 2023 sudah semakin dekat.

Seperti diketahui penerimaan mahasiswa baru kampus negeri akan melalui tiga seleksi yakni Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi, Seleksi Nasional berdasarkan Tes, dan Seleksi secara Mandiri oleh PTN.

Jika calon mahasiswa asal dalam menentukan pilihan kampus, maka kegiatan perkuliahan yang dijalani akan terasa berat. Oleh karenanya, pemilihan kampus dan jurusan yang sesuai dengan minat sangat penting bagi calon mahasiswa.

Berkaitan dengan itu, ada sejumlah tips yang akan membantu calon mahasiswa khususnya siswa kelas 12 dalam menentukan kampus tujuan.

Dikutip dari laman Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM Indonesia), berikut tips menentukan kampus tujuan sebagai persiapan seleksi masuk PTN 2023.

10 Tips Menentukan Universitas Negeri bagi Calon Mahasiswa

1. Gali Informasi Mengenai Jurusan dan Kampus yang Dituju

Riset menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa. Sebelum menentukan, calon mahasiswa harus menggali informasi mengenai kampus dan jurusan yang akan dituju.

Cara melakukan riset cukup mudah, terlebih di era sekarang yang serba teknologi. Calon mahasiswa bisa mencari informasi mengenai kampus dan jurusan melalui internet. Biasanya, masing-masing kampus memiliki situs resmi untuk memudahkan calon mahasiswa.

2. Tentukan Tujuan

Tips yang kedua adalah menentukan tujuan pendidikan tinggi. Jika calon mahasiswa ingin menjadi seorang profesional, maka pilihlah kampus yang menerapkan banyak praktek ketimbang teori.

Pemilihan kampus tentu akan berbeda apabila calon mahasiswa ingin menjadi akademisi usai lulus perguruan tinggi.

3. Pilih Beberapa Universitas

Setelah menentukan jurusan yang sesuai dengan cita-cita dan minat, calon mahasiswa hendaknya memilih lebih dari satu universitas. Tentukan mana pilihan yang jadi prioritas dan cadangan.

4. Cermati Reputasi Kampus yang Dipilih

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya dalam menentukan kampus bagi calon mahasiswa adalah perhatikan reputasi universitas yang dipilih. Nah, reputasi kampus ini bisa dilihat dari akreditasinya.

Pastikan kampus pilihan calon mahasiswa memiliki status akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Informasi ini bisa dicek melalui situs resminya di banpt.or.id

5. Lokasi Universitas

Lokasi universitas jadi pertimbangan yang tak kalah penting. Sebab, jarak kampus akan berdampak pada biaya hidup yang dikeluarkan.

6. Fasilitas Universitas

Pastikan calon mahasiswa melakukan riset mengenai fasilitas yang disediakan oleh kampus tujuan. Kenali lebih detail perguruan tinggi agar tidak menyesal di kemudian hari. Sarana pendidikan yang memadai akan mempengaruhi kualitas diri.

7. Biaya Kuliah

Biaya kuliah jadi hal penting lainnya yang harus dicermati. Jika biaya kuliah kampus tujuan cukup besar, calon mahasiswa bisa mencari beasiswa, baik itu dari kampus maupun luar kampus.

8. Daya Tampung

Selanjutnya adalah daya tampung kampus yang akan dipilih. Jika calon mahasiswa memiliki universitas ternama, pastinya kuota yang disediakan terbatas.

Walau begitu, umumnya kampus membuka banyak jalur masuk yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk calon mahasiswa.

9. Konsultasi dengan Orang Terdekat

Berkonsultasi dengan orang terdekat seperti keluarga, teman atau orang yang lebih berpengalaman jadi salah satu tips dalam menentukan universitas pilihan. Setelah berkonsultasi, calon mahasiswa akan mendapatkan berbagai perspektif.

10. Berpikir Realistis

Terakhir adalah berpikir realistis. Ketika calon mahasiswa memiliki keinginan kuat untuk masuk ke salah satu universitas, pastikan diimbangi dengan pertimbangan yang matang mulai dari sisi finansial, kemampuan diri sendiri, serta akademik.

Nah, itulah tips dalam menentukan kampus negeri tujuan bagi calon mahasiswa. Semoga bermanfaat.



Simak Video "Nadiem Sentil Tes Mandiri PTN, Sebut Tak Ada Standar Transparansi"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia