Pascasarjana Unpad Dibuka Sepanjang Tahun, Cek Jadwal & Syaratnya

Nada Zeitalini Arani - detikEdu
Selasa, 05 Jul 2022 14:45 WIB
kampus Unpad
Foto: Tangkapan layar facebook Universitas Padjadjaran/Pascasarjana Unpad Dibuka Sepanjang Tahun, Cek Jadwal & Syaratnya
Jakarta -

Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka pendaftaran pascasarjana jalur mandiri sepanjang tahun. Pendaftaran pascasarjana Unpad dibuka mulai dari Februari 2022 hingga Januari 2023 melalui laman https://smup.unpad.ac.id/.

Dibukanya pendaftaran pascasarjana Unpad dalam waktu yang lama, akan memberi kesempatan lebih besar bagi pendaftar untuk dapat melanjutkan pendidikan di Unpad serta mendapatkan beasiswa.

Melalui jalur Seleksi Jalur Masuk Unpad (SMUP) dibuka 2 gelombang pascasarjana. Pendaftaran gelombang I dibagi menjadi 3 sesi. Sesi 1 dibuka sejak 14 Februari - 11 Maret 2022, sesi 2 dibuka sejak 1 April - 4 Mei 2022, dan sesi 3 dibuka pada 2 Juni - 4 Juli 2022.

Meski sesi ke-3 gelombang 1 berakhir hari ini, jangan khawatir karena Unpad masih membuka SMUP pascasarjana sepanjang tahun ini.

Ada gelombang II yang akan kembali dibuka pada 3 sesi nantinya. Dilansir dari laman resmi SMUP Unpad, berikut jadwal gelombang II dan syarat pendaftaran pascasarjana Unpad.

Jadwal Gelombang II Pascasarjana Unpad

- Sesi 1: 2 Agustus - 5 September 2022

- Sesi 2: 4 Oktober - 8 November 2022

- Sesi 3: 2 Desember 2022 - 3 Januari 2023

Syarat Pendaftaran Pascasarjana Unpad

Bagi yang berminat untuk mendaftar program pascasarjana Unpad program Magister, Profesi, Spesialis, Subspesialis dan Doktor wajib untuk melengkapi beberapa dokumen sebagai syarat berikut:

- Ijazah Sarjana
- Transkrip Nilai
- Tes Kemampuan Akademik (TKA)
- Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI)

Itulah beberapa syarat yang wajib dilengkapi calon pendaftar untuk dapat diproses ke tahap verifikasi. Nantinya peserta akan dianggap layak (eligible) jika dokumen persyaratan yang diajukan dinyatakan lengkap dan valid.

Setelah data peserta dinyatakan valid barulah akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu wawancara ke tahap fakultas kemudian mendapat Letter of Acceptance (LoA) untuk melamar beasiswa.

Bagi peserta sesi pertama yang gagal tahap verifikasi atau belum eligible bisa kembali mencoba di sesi kedua pada gelombang yang sama tanpa dipungut biaya.

Begitu pula jika kembali gagal di sesi kedua, bisa mencoba sesi ketiga tanpa biaya. Akan tetapi bagi mereka yang gagal di gelombang I dan mencoba di gelombang II akan dikenakan biaya lagi.

Informasi lengkap mengenai pendidikan pascasarjana di Unpad, bisa cek di laman https://smup.unpad.ac.id/. Semoga berhasil ya, detikers!



Simak Video "Syarat Lengkap Beasiswa Chevening untuk Kuliah S2 di Inggris Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia