ADVERTISEMENT

ITS Buka Prodi S2 Magister Desain Interior, Lulusannya Bisa Jadi Apa?

Devi Setya - detikEdu
Minggu, 03 Jul 2022 08:30 WIB
Bedroom interior, wooden bed at modern room. Furniture design with open wood drawer, white pillow decoration object in box. Brown comfortable storage for bedding cushion.
Ilustrasi desain ruangan interior Foto: Getty Images/iStockphoto/brizmaker
Jakarta -

Departemen Desain Interior ITS secara resmi menghadirkan Program Studi (Prodi) S2 Magister Desain Interior. Prodi ini sekaligus menjadi yang pertama di Indonesia.

Dikabarkan dari laman resmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (2/7) Prodi S2 Magister Desain Interior ini sengaja dibuka demi menunjang karir para desainer hingga akademisi di bidang desain. Dengan adanya prodi ini sekaligus menunjukkan keseriusan ITS dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Kepala Prodi Pascasarjana Desain Interior ITS Dr Firman Hawari SSn MDs mengatakan, prodi tersebut diciptakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam analisis, manajemen, hingga estetika desain interior. Ia menambahkan bahwa prodi ini telah menjadi pelopor Prodi Magister Desain Interior di Indonesia.

"Tujuan prodi ini tentu berkiblat pada Buku Panduan Proyek Desain Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2020," terang Firman Hawari.

Lebih lanjut, Firman menjelaskan bahwa prodi tersebut nantinya akan berfokus dalam mengasah empat keilmuan desain interior, yakni inovasi manajemen desain, sains dan teknologi interior, psikologi interior, serta sosial budaya dan estetika.

Diharapkan, setelah melalui proses pembelajaran ini para mahasiswa bisa memiliki kemampuan untuk mendukung profesi yang digeluti dalam bidang desain. "Dengan ilmu tersebut, mahasiswa S2 nanti akan memiliki kemampuan untuk menyinergikan setiap jenjang kompetensi pada profesi mereka masing-masing," tuturnya.

Firman yang saat ini tercatat sebagai dosen Departemen Desain Interior tersebut menuturkan, prodi ini akan mengadakan sistem perkuliahan berbasis jam malam hingga tatap muka. Dengan demikian, siapapun bisa berkesempatan memilih prodi ini tanpa menggangu kegiatan atau pekerjaan profesionalnya.

Ia juga menjelaskan bahwa perkuliahan jarak jauh (PJJ) masih dalam tahap perancangan oleh para dosen Desain Interior ITS. "Sistem ini kami adaptasi dari Magister Manajemen Teknologi (MMT) dengan harapan mahasiswa nanti dapat melakukan perkuliahan dengan nyaman," ujarnya.

Untuk bisa lulus dari prodi ini, mahasiswa harus menyelesaikan 36 jumlah satuan kredit semester (SKS) yang akan menghadirkan beberapa mata kuliah pilihan. Beberapa mata kuliah tersebut antara lain Desain Kontekstual, Green Design, Desain Interior Inklusi, serta Konsep dan Inovasi Interior.

"Mata kuliah tersebut tentunya akan dibimbing oleh para dosen kami yang berkompeten dan fasilitas yang memadai," ucapnya.

Alumni dari prodi ini diharapkan bisa menjadi problem solver dalam hal manajerial hingga konseptual desain interior. Para lulusannya nanti bisa bekerja dan menyalurkan ilmunya di berbagai bidang seperti misalnya menjadi ahli desain atau bahkan tenaga pendidik di bidang desain.

Bagi siapapun yang tertarik mengikuti prodi S2 Magister Desain Interior bisa langsung mengakses laman resmi ITS dengan memilih Program Magister Departemen Desain Interior ITS.



Simak Video "Syarat Lengkap Beasiswa Chevening untuk Kuliah S2 di Inggris Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/pal)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia