Insecure sama Nilai UTBK? Ini 7 Jalur Mandiri yang Cuma Pakai Tes Tulis

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 09:30 WIB
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Ilustrasi jalur mandiri dengan tes tulis. Foto: Dok. UNY
Jakarta -

Berbagai perguruan tinggi di Indonesia umumnya membuka jalur mandiri dengan beberapa kriteria seleksi. Oleh sebab itu, para siswa bisa memilih tes masuk yang sesuai dengan kesanggupannya.

Apabila kalian tidak cukup yakin dengan seleksi menggunakan skor UTBK, sertifikat prestasi, atau lainnya, barangkali jalur mandiri dengan tes tulis bisa dipilih. Untuk itu, detikedu telah merangkum dari laman-laman kampus terkait mengenai hal ini.

Jalur Mandiri yang Hanya Pakai Tes Tulis

1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad membuka jalur mandiri dengan dua skema. Skema pertama adalah berdasarkan nilai UTBK 2022 dan skema kedua adalah berdasarkan nilai SMUP.

Nilai SMUP ersebut bisa diperoleh hanya jika calon mahasiswa Unpad mengikuti tes kemampuan belajar (TKB) yang dilakukan secara daring (online). Pendaftaran SMUP Unpad baru saja ditutup pada Selasa (28/6/2022). Ujiannya sendiri akan dilaksanakan 7 Juli nanti.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Tes CBT (computer based test) di UNY dibagi menjadi dua, yaitu CBT Kampus dan CBT Domisili. Saat ini, yang masih dibuka adalah CBT Kampus.

Calon peserta bisa mendaftar sampai 20 Juli 2022 pukul 15.00 WIB. Ujiannya sendiri dilakukan di kampus UNY dan materinya adalah TPA, bahasa Inggris, serta materi IPA atau IPS.

3. Telkom University (Tel-U)

Tel-U memiliki jalur mandiri tes tulis yang dinamakan dengan UTG. Saat ini, agenda yang disediakan adalah UTG gelombang kedua. Pendaftarannya berlangsung dari 21 Mei sampai 1 Juli 2022.

Meski seleksinya adalah berbasis tulis, beberapa prodi juga mensyaratkan portofolio, di antaranya S1 DKV, S1 Product Innovation & Management, S1 Desain Interior, S1 Kriya, dan S1 Creative Arts.

Jalur mandiri dengan tes tulis, klik selanjutnya>>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia