4 Hal Penting yang Perlu Disiapkan Peserta UTBK Sebelum Ujian, Simak Ya!

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Senin, 16 Mei 2022 14:00 WIB
Universitas Brawijaya (UB) menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahap II. UTBK akan digelar dua hari mulai hari ini.
Persiapan jelang UTBK 2022. Foto: Istimewa
Jakarta -

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 akan diadakan besok Selasa, 17 Mei 2022. Dibagi ke dalam dua gelombang, bagaimana pelaksanaan UTBK tahun ini?

UTBK 2022 akan diadakan pada 17-23 Mei 2022 untuk Gelombang 1 dan 28 Mei-3 Juni 2022 untuk Gelombang 2. Meski ujian dilakukan secara online, peserta wajib hadir ke lokasi ujian yang sudah dipilih.

Sama dengan tahun sebelumnya, setelah mengikuti ujian peserta akan langsung mendapatkan pengumuman diterima tidaknya pada program studi dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan. Pengumuman akan diberikan pada 23 Juni 2022.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dalam instagram resminya membagikan empat hal penting yang perlu disiapkan untuk mengikuti UTBK 2022. Salah satunya adalah mengecek lokasi UTBK sebelum ujian.

Selain itu, apalagi hal penting yang perlu disiapkan? Simak berikut ini.

Persiapan Sebelum UTBK SBMPTN 2022

1. Menjaga kesehatan dan disarankan untuk tinggal di rumah (Stay at Home)

2. Wajib mencari informasi lokasi ujian dan syarat mengikuti UTBK
Cek informasi ini melalui laman Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu Pusat UTBK pilihan. Hal ini dikarenakan beberapa Pusat UTBK yang tidak memperkenankan peserta untuk melakukan cek lokasi secara langsung.

3. Patuhi protokol kesehatan saat survey lokasi UTBK
Jika melihat lokasi gedung yang akan digunakan secara langsung pada H-1, tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

4. Buat perkiraan waktu tempuh dari rumah/penginapan/lokasi asal ke lokasi ujian

Dokumen yang Wajib Dibawa Saat UTBK SBMPTN 2022

Selain mempersiapkan diri, peserta juga wajib menyiapkan empat dokumen penting untuk dibawa saat pelaksanaan UTBK. Berikut daftarnya.

1. Kartu Peserta UTBK 2022
2. Kartu identitas (kartu siswa/KTP/paspor)
3. Surat keterangan lulus asli bagi peserta angkatan 2022 (jika belum memiliki SKL, dapat membawa surat keterangan kelas 12)
4. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi (bagi angkatan 2020 dan 2021), bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

Nah, itulah persiapan UTBK 2022 dari LTMPT. Jangan sampai ada yang tertinggal, detikers!



Simak Video "KPK Pergoki Pegawai Pemkot Ambon Bakar Berkas Diduga Soal Suap Wali Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia