Daftar Sekolah Kedinasan STIS Kapan Dibuka? Kuliah Gratis-Lulus Jadi ASN

Daftar Sekolah Kedinasan STIS Kapan Dibuka? Kuliah Gratis-Lulus Jadi ASN

Nikita Rosa - detikEdu
Jumat, 11 Mar 2022 19:09 WIB
Politeknik Statistika STIS
Mahasiswa Politeknik Statistika STIS (Dok. STIS)
Jakarta -

Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) adalah sekolah kedinasan di bawah Badan Pusat Statistik. Politeknik ini mendidik mahasiswanya agar mampu melaksanakan dan mengembangkan perstatistikan nasional.

Bagi kamu yang tertarik mendaftar STIS, kamu berpeluang menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) langsung setelah lulus. Lulusan Program D-III akan diangkat sebagai calon ASN golongan II/C.

Sementara, lulusan D-IV akan diangkat sebagai calon ASN golongan III/a dan akan ditugaskan di BPS/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Kalau diterima sekolah kedinasan STIS ini, selain jaminan menjadi ASN, kamu juga dibebaskan dari biaya pendidikan, tapi tidak diberikan uang saku ya. Tidak heran STIS jadi salah satu sekolah kedinasan paling favorit setelah PKN STAN dan IPDN.

Formasi STIS 2021

STIS memiliki 3 program studi, yaitu Diploma III Statistika, Diploma IV Statistika, dan Diploma IV Komputasi Statistik. Meski belum mengeluarkan informasi resmi terkait formasi STIS 2022, kamu dapat memantau formasi STIS tahun lalu.

Pada 2021, STIS membuka formasi 600 kursi dengan kuota per prodi:

  • Diploma III Statistika 140 kursi
  • Diploma IV Statistik 250 kursi
  • Diploma IV Komputasi Statistik 210 kursi

Total peminat setiap prodi mencapai angka yang fantastis. Misalnya saja, untuk memperebutkan 250 kursi D-IV Statistika ada hampir 15 ribu orang yang bersaing. Tercatat total peminat STIS sebanyak 24.350 orang pada 2021 lalu.

Sistem Seleksi STIS

Sistem seleksi Sekolah Kedinasan STIS memiliki 3 tahapan yang berlaku sistem gugur. Artinya, akan ada peserta yang tidak lolos pada setiap tahap. Tahapan pada seleksi STIS terdiri dari:

Tahap 1: Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang berkoordinasi dengan politeknik statistika STIS

Tahap 2: Matematika dan psikotes, menggunakan sistem ujian masuk berbasis komputer

Tahap 3: Kesehatan dan kebugaran


Syarat Daftar STIS

Untuk dapat mengikuti proses seleksi Sekolah Kedinasan STIS, pendaftar diwajibkan memenuhi syarat-syarat berikut:

A. Persyaratan Umum

a. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba;

b. Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri;

c. Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS atau SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika;

d. Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 s.d. 100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d. 4,00) pada Ijazah atau nilai raport semester gasal kelas 12;

e. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2021;

f. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;

g. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;

h. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;

i. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;

j. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;


Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan STIS

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online dan dapat dilakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:

a. Peserta dapat mendaftar melalui portal https://sscasn.bkn.go.id lalu pilih menu Sekolah Kedinasan, atau Peserta dapat mendaftar melalui portal https://dikdin.bkn.go.id. Peserta membuat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

b. Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

c. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS dan melengkapi biodata diri.

d. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.

e. Pendaftar menerima konfirmasi hasil verifikasi administrasi di portal SSCASN.

f. Setelah dinyatakan lulus verifikasi administrasi, pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.

g. Pendaftar melengkapi data/dokumen yang diperlukan instansi, serta memverifikasi email untuk mendapatkan Kode Pembayaran.

h. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditetapkan.

i. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).

j. Pendaftar kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.

k. Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

Kapan pendaftaran Sekolah Kedinasan STIS mulai dibuka? Sampai saat ini belum ada informasi resmi dari STIS. Namun, Sekolah Kedinasan lainnya IPDN telah mengeluarkan pengumuman pendaftaran dimulai 9 April-30 April 2022.

Seperti diketahui, tahun 2021 lalu pendaftaran sekolah kedinasan dilakukan serentak termasuk STIS. Jadi apakah pendaftaran Sekolah Kedinasan STIS juga dibuka 9 April 2022? Siap menjadi maba STIS, detikers?



Simak Video "Bebas Biaya Pendidikan, Ini Referensi Sekolah Kedinasan Jakarta-Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia