Siswa DKI yang Daftar SNMPTN 2022 di UI, Dihitung Beda Provinsi atau Tidak Ya?

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 07 Jan 2022 08:00 WIB
Kampus Universitas Indonesia (dok. Istimewa)
Foto: Kampus Universitas Indonesia (dok. Istimewa)
Jakarta -

Agar dapat ikut serta SNMPTN 2022, siswa perlu memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terlebih dahulu. Proses registrasinya dapat dilakukan pada 10 Januari sampai 15 Februari 2022 nanti.

Siswa eligible atau siswa yang memenuhi kriteria untuk mendaftar, bisa memilih dua program studi di satu PTN atau dua PTN. Namun jika memilih dua, maka salah satunya harus ada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal.

Lantas, bagaimana dengan siswa DKI Jakarta yang mendaftar SNMPTN 2022 ke Universitas Indonesia (UI)? Apakah mereka terhitung mendaftar beda provinsi atau tidak?

Ketua Pelaksana LTMPT Budi P. Widyobroto menjawab hal ini.

Ketentuan Siswa DKI yang Daftar SNMPTN 2022 di UI

"Khusus yang di UI, ini memang rodok (agak) membingungkan, tapi ya kita anggap saja nanti di proses pendaftarannya, mohon izin juga ke Pak WR ya. Itu kan, memang kampusnya ada yang di Depok, ada yang di Jakarta. Sehingga ya, Jawa Barat sama DKI gitu saja kita izinkan. Mungkin begitu," terang Budi dalam Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Masuk UI 2022, Kamis (06/01/2022).

Menurut Budi, hal ini tidak akan menjadi masalah. "Nanti akan diputuskan oleh Pak WR, kemudian kami di LTMPT yang akan mengakomodir," tambahnya.

Sebelumnya, pada konferensi pers Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 oleh LTMPT pada Selasa (04/01/2022), Ketua LTMPT Mochamad Ashari juga mengimbau agar para peserta SNMPTN 2022 betul-betul memilih program studi yang memang sesuai dengan minat mereka. Jika memang hanya satu, tidak perlu memilih dua dari jumlah yang diperbolehkan.

Pemilihan prodi yang tepat itu bisa bermanfaat untuk menghindari blacklist dari perguruan tinggi. Ini biasanya diterapkan pada siswa yang lolos SNMPTN, tapi tidak daftar ulang dan melanjutkan proses selanjutnya. Umumnya, hal itu disebabkan rasa tidak cocok dengan prodi yang dipilih, misalnya pilihan kedua.

Apalagi, siswa yang sudah diterima SNMPTN 2022 nanti tidak boleh mendaftar lagi ke UTBK-SBMPTN. "Adik-adik yang sudah diterima di jalur SNMPTN yang akan diumumkan pada tanggal 29 Maret 2022 sudah tidak diizinkan lagi mendaftar UTBK SBMPTN," kata Budi melalui akun YouTube UI, Kamis (06/01/2022).



Simak Video "Momen Luhut Hampiri Mahasiswa UI, Debat soal Big Data"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia