Begini Cara Atasi Data yang Belum Ter-Update di PDSS SNMPTN 2022

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 24 Des 2021 21:00 WIB
Ilustrasi SNMPTN 2022
Ilustrasi SNMPN 2022. Bagaimana cara mengatasi data PDSS yang belum ter-update? (Foto: Tim Infografis)
Jakarta -

Pengisian data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjadi tahapan penting dalam proses seleksi jalur SNMPTN 2022 (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Lantas, bagaimana jika masih ditemukan data yang belum ter-update setelah dilakukan perubahan data?

Menanggapi pertanyaan mengenai hal ini, Tim PDSS Riza Satria Perdana memberikan penjelasan dalam kegiatan Sosialisasi PDSS, SNMPTN dan SBMPTN 2022 yang digelar secara daring pada Jumat (24/12/2021).

Menurut penuturan Riza, masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan login (masuk) ulang pada portal LTMPT menggunakan akun dari sekolah yang bersangkutan.

"Jadi, kalau misalnya kok belum ter-update maka silakan logout (keluar) dulu kemudian login (masuk) lagi," ungkap dia.

Pasalnya, kata Riza, seluruh proses sinkronisasi data baik dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kemendikbud, portal LTMPT maupun PDSS akan dilakukan secara real time.

Artinya, tanggapan dilakukan secara langsung saat itu juga. Sebab itu, kata Riza, data akan otomatis diperbaharui oleh sistem jika pihak sekolah sudah melakukan perubahan data di Pusdatin.

"Tahun ini, proses sinkronisasi antara Dapodik atau Pusdatin dengan portal LTMPT dengan PDSS itu dilakukan secara real time," tutur Riza.

"Jadi, kalau bapak ibu melakukan perubahan di Pusdatin, maka nanti silakan masuk ke portal LTMPT untuk melakukan update. Nanti secara real time akan diambil (data terbaru oleh sistem). Dan kalau sudah masuk ke portal LTMPT maka di data SNMPTN 2022 akan otomatis ter-update pada waktu Bapak/Ibu melakukan login," imbuh dia lagi.

Adapun untuk memperbaiki data profil sekolah maupun jurusan yang tidak sesuai dalam PDSS, Riza mengungkapkan pihak sekolah dapat mengakses situs di vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

"Dan nanti kalau sudah melakukan koreksi di sana, maka datanya akan ter-update di sini (Profil Sekolah)," kata Riza.

Sebelumnya perlu diingat kembali, pengisian data PDSS hanya dapat diisi oleh data siswa yang eligible atau dinyatakan layak. Pengisian PDSS untuk SNMPTN 2022 sendiri digelar pada 8 Januari-8 Februari 2022 melalui laman https://pdss.snmptn.ac.id.

Kemudian, tahap pengisian PDSS oleh sekolah akan dimulai dengan verifikasi data sekolah, pengisian siswa eligible, pendefinisian kurikulum, dan yang terakhir adalah tahapan pengisian nilai.

Sekolah juga harus melakukan finalisasi data agar bisa melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN 2022. Tanpa finalisasi sampai batas yang ditentukan, sekolah tidak akan dinyatakan sebagai peserta SNMPTN dan siswa sekolah tersebut tidak diperkenankan mengikuti SNMPTN 2022.

Jadi, pastikan semua tahapan pengisian PDSS SNMPTN 2022 telah sesuai dan lengkap, ya!



Simak Video "Raup Rp 1,5 M dari Skimming ATM, Seorang WNA Latvia Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia