Pendaftaran UNU Jogja Gelombang 3 Mulai Dibuka, Ini Informasi Lengkapnya

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 01 Jul 2021 05:53 WIB
beasiswa
Pendaftaran UNU Jogja Gelombang 3 Mulai Dibuka, Ini Informasi Lengkapnya (Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta - Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta atau UNU Jogja Gelombang 3 dibuka tanggal 1 Juli-31 Agustus 2021. Mahasiswa yang diterima di UNU Jogja bisa mendapat keringanan biaya kuliah seperti pembebasan Sumbangan Pengembangan Akademik melalui beasiswa Tahfidz, Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik, dan Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah.

UNU Jogja didirikan 10 Maret 2017 sebagai kampus kader berbasis pesantren inklusif dan keumatan. Prodi di UNU Jogja yaitu agribisnis, akuntansi, farmasi, informastika, manajemen, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan guru sekolah dasar, studi islam interdisipliner, teknik elektro, teknik komputer, dan teknologi hasil pertanian.

Sistem seleksi PMB UNU Jogja di masa pandemi menggunakan jalur seleksi rapor. Sebelumnya, seleksi masuk menggunakan sistem tes online CBT. Seleksi rapor digunakan untuk mengukur kemampuan akademik.

Calon pendaftar PMB UNU Jogja bisa memilih tiga pilihan prodi saat pendaftaran. Biaya pendaftaran PMB UNU Jogja yakni sebesar Rp 250 ribu.

Mahasiswa UNU Jogja dikenakan biaya kuliah yang terdiri dari empat komponen. Biaya kuliah UNU Jogja terdiri dari biaya orientasi dan kemahasiswaan sebesar Rp750 ribu, SPP per semester Rp2,5 juta-3,5 juta sesuai ketentuan prodi, tabungan LabSos semester 1-6 sebesar Rp750 ribu, dan sumbangan pengembangan akademik sebesar Rp 3 juta- 5 juta sesuai ketetapan prodi.

Alur pendaftaran PMB UNU Jogja 2021:

- Masuk ke situs pmb.unu-jogja.ac.id, lalu isi formulir dengan menggunakan huruf kapital

- Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250 ribu melalui transfer rekening Bank BNI Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta 999192693 (kode bank 009).

- Konfirmasi pembayaran dengan mengirim bukti pembayaran ke WA Admin PMB

- Masuk kembali ke situs pmb.unu-jogja.ac.id dan unggah nilai rapor semester 5 dan 6

- Pengumuman mahasiswa yang lolos masuk UNU Jogja dapat dilihat melalui situs pmb.unu-jogja.ac.id dan notifikasi via WhatsApp

- Daftar ulang mahasiswa yang lolos masuk UNU Jogja dengan mengunggah berkas dan isi biodata diri lengkap di situs UNU Jogja


Mahasiswa yang diterima di UNU Jogja bisa mendapat bantuan biaya pendidikan dengan mendaftar dalam seleksi program beasiswa. Program Beasiswa UNU Jogja terdiri dari Beasiswa Tahfidz, Beasiswa Prestasi, Beasiswa Unggul Berprestasi, dan Beasiswa KIP Kuliah.

Syarat beasiswa UNU Jogja sebagai berikut:

1. Beasiswa Tahfidz

Beasiswa ini didedikasikan kepada para hafidz/hafidzoh yang memiliki hafalan minimum 15 juz dibuktikan dengan sertifikat tahfidz. Penerima beasiswa mendapat keringanan bebas sumbangan pengembangan akademik.

Persyaratan:
a. Warga Negara Indonesia
b. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019-2021 :
- Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL).
- Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020 dan 2019 harus memiliki ijazah
c. Mengikuti Seleksi Masuk Tahun 2021
d. Memiliki sertifikat tahfidz dari Pondok Pesantrean/Lembaga terkait.

2. Beasiswa Prestasi

a. Akademik
Beasiswa ini didedikasikan kepada para lulusan terbaik sekolah rangking 1 s/d 5 yang dibuktikan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah. Mahasiswa dengan Beasiswa Prestasi mendapat keringanan bebas sumbangan pengembangan akademik.

Persyaratan
a. Warga Negara Indonesia
b. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019-2020
c. Memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL)
d. Mengikuti Seleksi Masuk Tahun 2021
e. Lulusan terbaik sekolah rangking 1-5 dibuktikan dengan Surat Rekomendasi Kepala Sekolah.

b. Non Akademik (Seni/Olahraga/Teknologi)

Beasiswa ini didedikasikan kepada para lulusan berprestasi minimum tingkat provinsi pada bidang olahraga, seni, teknologi yang dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan. Penerima beasiswa mendapat keringanan bebas sumbangan pengembangan akademik.

Persyaratan
a. Warga Negara Indonesia
b. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019-2021:
- Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL).
- Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020 dan 2019 harus memiliki ijazah
c. Mengikuti Seleksi Masuk Tahun 2021
d. Lulusan berprestasi minimum tingkat provinsi dibuktikan dengan Sertifikat Kejuaraan.

3. Beasiswa KIP Kuliah

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang diterima di UNU Jogja termasuk penyandang disabilitas dengan prioritas sasaran mahasiswa pemegang KIP, mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, mahasiswa afirmasi (papua dan papua barat serta 3T dan TKI), serta mahasiswa terkena bencana, konflik sosial atau kondisi khusus.

Persyaratan
a. Lulusan SMA/SMK sederajat tahun 2021, 2020 atau 2019 yang belum menjadi mahasiswa.
b. Belum pernah ditetapkan sebagai penerima beasiswa KIP Kuliah di salah satu Perguruan Tinggi di bawah Kemendikbud.
c. Dinyatakan lulus seleksi calon mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta melalui alur seleksi Beasiswa KIP Kuliah
d. Pemegang atau pemilik KIP atau dari keluarga tidak mampu, dengan ketentuan sebagai berikut :
- Berasal dari keluarga Program Keluarga Harapan (PKH) atau dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
- Berasal dari keluarga yang masuk dalam desil kurang dari atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial.
- Berasal dari Panti Sosial atau Panti Asuhan.
- Berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan.

4. Beasiswa Unggul Berprestasi

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa berprestasi yang berkhidmat kepada jamiyyah dan jamaah Nahdliyin dari seluruh wilayah. Calon mahasiswa yang bisa mendaftar yaitu siswa lulusan terbaik pertama dan kedua pada masing-masing jurusan di sekolah.

Persyaratan
a. Memiliki Prestasi Ranking 1 (satu) atau 2 (dua) secara akademik masing-masing jurusan di Sekolah, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah/ Pengasuh Pondok Pesantren.
b. Scan Rapor yang ber-NISN semester 1-5
c. Surat Keterangan Penghasilan Orangtua dan tanggungan keluarga
d. Mendaftarkan diri melalui website https://pmb.unu-jogja.ac.id/pendaftaran.php
e. Melakukan Daftar Ulang untuk mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM)

Gimana detikers, minat masuk UNU Jogja?

Simak Video "Batal Naik Haji, Calon Jemaah Haji Tunisia Sumbangkan Uangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia