Rektor Unair: Kesempatan Jalur Mandiri Peserta KIP Kuliah dan Reguler Sama

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 28 Jun 2021 14:00 WIB
Universitas Airlangga (Unair) tidak bertanggung jawab atas klaim dua penelitinya yang menyebutkan suplemen temuan mereka bisa membantu tubuh melawan virus coorona. Seperti yang disampaikan Warek 4 Bidang Bisnis dan Alumni Unair, Prof Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., Apt.
Foto: Esti Widiyana
Jakarta - Seleksi Jalur Mandiri Universitas Airlangga (Unair) berlangsung 26-30 Juni 2021. Rektor Unair Mohammad Nasih memastikan peserta reguler dan peserta pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K atau KIP Kuliah) memiliki kesempatan untuk masuk Unair berdasarkan hasil nilai seleksi mandiri masing-masing peserta.

"Pada prinsipnya, meski ujian Mandiri juga diikuti peserta KIP Kuliah, mereka yang reguler dan pemegang KIP-K semua memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi bagian dari UNAIR. Kami menjaring atau menyeleksi dari hasil nilai terbaik peserta," kata Nasih, seperti dikutip dari laman Unair, Minggu (27/6/2021).

Nasih menuturkan, pada ujian jalur mandiri, Unair memberikan kesempatan bagi peserta pemegang KIP Kuliah untuk mendaftar secara gratis. Ia menambahkan, jika peserta seleksi mandiri Unair pemegang KIP Kuliah dinyatakan diterima pada seleksi ini, peserta tersebut akan menjalankan kuliah secara gratis hingga kelulusan sesuai kebijakan yang berlaku.

Sebanyak lebih dari 10.000 peserta mengikuti Seleksi Mandiri Unair secara luring di lokasi ujian yang disediakan Unair. Menurut Nasih, banyaknya peserta mengndikasikan proses persaingan tahun ini sangat ketat.

"Syukur alhamdulillah pada seleksi Mandiri kali ini, jumlah pendaftar sangat tinggi. Ini menjadi salah satu indikasi bahwa proses persaingan sangatlah ketat. Mengingat, dari sepuluh ribu lebih pendaftar, hanya tiga ribuan yang bisa kami terima," kata Nasih.

Ia mengatakan, protokol kesehatan diberlakukan secara ketat oleh peserta, pengawas ujian, dan pihak yang berada di lokasi saat persiapan ujian hingga usai ujian. Ia menambahkan, peserta ujian Jalur Mandiri Unair diwajibkan membawa surat keterangan bebas COVID-19.

"Kasus COVID-19 yang naik di tengah ujian Mandiri kali ini memang tidak terprediksi. Bayangan kami, kondisi COVID-19 sama dengan saat SBMPTN. Meski demikian, kami siap untuk lakukan antisipasi dengan biak agar tidak ada kasus penularan pada proses ujian kali ini," kata Nasih.

Semangat ujiannya ya, detikers!



Simak Video "Indekos Hingga Kuliner di Unair yang Para Maba Harus Tahu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia