Kabar Gembira! Unair Buka Pendaftaran Jalur Mandiri bagi Peserta KIP-K Nih

Rahma I Harbani - detikEdu
Jumat, 18 Jun 2021 20:40 WIB
Universitas Airlangga (Unair)
Foto: Esti Widiyana
Jakarta -

Pengumuman SBMPTN 2021 telah dilangsungkan secara serentak pada Senin (14/6/2021). Bagi detikers yang belum lolos, Universitas Airlangga (Unair) membuka kesempatan pendaftaran jalur mandiri bagi peserta dengan pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh rektor Unair Prof Moh Nasih melalui keterangan tertulisnya pada wartawan, Jumat (18/6/2021).

"Yang terbaru, pada jalur mandiri tahun 2021 peserta dengan pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dapat mengikuti seleksi pendaftaran," katanya.

Nasih juga mengungkapkan alasan pembukaan pendaftaran jalur mandiri bagi peserta KIP-K pada tahun ini. Hal ini disebabkan kuota KIP-K pada jalur SNMPTN dan SBMPTN masih belum terpenuhi.

Pihak Unair juga mengaku berkomitmen dalam memberikan kesempatan dan memfasilitasi para calon mahasiswa yang masih terkendala dalam hal finansial.

"Unair sangat berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa yang memiliki potensi di bidang akademik namun terkendala ekonomi atau biasa," ujar Nasih yang juga merupakan Ketua LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) tersebut.

Sementara itu, Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr. Achmad Solihin menyatakan peserta dengan KIP-K tidak akan dikenakan biaya pendaftaran.

Namun, biaya pendaftaran tidak dapat diambil kembali bagi peserta KIP-K yang telah melakukan pendaftaran dan telah melakukan pembayaran sebelumnya.

Bagi peserta yang lolos, seleksi pembiayaan kuliah peserta dengan KIP-K akan dilakukan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik).

Sebagai informasi, pendaftaran jalur mandiri Unair 2021 masih dibuka hingga 23.59 WIB pada 20 Juni mendatang melalui laman https://pendaftaran.unair.ac.id/. Unair membuka pilihan semua program studi (prodi) S1 yang berjumlah 44 prodi pada jalur ini.

Peserta jalur mandiri dijadwalkan untuk mengikuti tes tulis pada 26-29 Juni 2021 di Surabaya. Materi yang akan diujikan, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Bagi detikers yang tertarik mengenai jalur mandiri Unair, detikers dapat mengunjungi laman resmi PPMB Unair di https://www.ppmb.unair.ac.id/. Semoga berhasil!



Simak Video "Indekos Hingga Kuliner di Unair yang Para Maba Harus Tahu"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia