UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Khusus YouTuber, Anak hingga Keponakan Artis Ramai Ikutan

Rahma Harbani - detikEdu
Kamis, 24 Jun 2021 11:19 WIB
UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Khusus YouTuber, Anak hingga Keponakan Artis Ramai Ikutan
Foto: Dok UPNVJ/UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Khusus YouTuber, Anak hingga Keponakan Artis Ramai Ikutan
Jakarta - UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Prestasi untuk YouTube Content Creator (YCC). Jalur penerimaan ini, bahkan diikuti oleh anak hingga keponakan para artis Tanah Air.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, UPN Veteran Jakarta membuka Jalur Prestasi Khusus YouTube Content Creator pada jalur masuk penerimaan mahasiswa baru," bunyi keterangan tertulis yang dilansir detikEdu dari laman resmi UPNVJ, Kamis (24/6/2021).



Proses penerimaan mahasiswa pada jalur prestasi sudah sampai pada tahap uji keterampilan khusus YCC yang dilaksanakan Selasa, (22/6/2021) kemarin di auditorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Gedung Moh. Yamin UPNVJ. Adapun, ada empat peserta yang berhasil lolos di tahap ini.

Empat peserta yang di antaranya, ada keponakan dari aktris Olla Ramlan, Audijie Keisya Putri Jugosatrio, dan anak dari aktor Rommy Sulastyo bernama Raissa Anggiani Sulastyo, serta YouTuber Indonesia Aurellia Astadewi, dan Krisna Maulana Nugraha.

Materi yang diujikan berupa pengumpulan karya dalam bentuk video dengan tema yang sesuai ketentuan atau tema lainnya yang menyesuaikan dengan fokus konten channel yang dimiliki. Syarat lainnya, adalah karya video yang dibuat merupakan karya original peserta SEMA UPNVJ tahun 2021.

Kemudian, musik dan gambar yang akan digunakan dalam video tidak diperkenankan menggunakan ciptaan orang lain (free copyright), kecuali sudah ada izin tertulis. Isi video juga dilarang mengandung unsur SARA, pornografi, dan politik.

Sebagai kampus yang pertama yang membuka penerimaan mahasiswa khusus Youtuber, UPNVJ mengaku membuka kesempatan dan menjadi wadah bagi para kreator muda dalam berkarya dan menyalurkan bakat yang dimiliki.

Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVJ Antar Venus mengatakan jalur ini dapat menjadi sebuah pembeda dengan kampus lainnya dalam menampung ide-ide kreatif anak muda. Venus juga menekankan bahwa konten video yang menjadi syarat ketentuan UPNVJ merupakan video asli hasil karya para peserta masing-masing dan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya.

"Selain itu harus memiliki unsur komunikatif, inovatif, kreatif dan yang terpenting adalah edukatif, karena kriteria tersebutlah yang paling kami butuhkan," tutup Venus.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari Tim Humas UPNVJ, seleksi khusus YouTuber mendapatkan kuota sebesar kurang lebih 2% di jalur mandiri. Seleksi ini masuk ke dalam jalur prestasi UPN Veteran Jakarta.

"Jalur prestasi itu ada 10% tapi dibagi menjadi 5 prestasi, seni & olahraga, sains, ketua osis, hafidz, dan youtuber. Masing-masing dapat 2% (kuota) Tapi secara umum seleksi mandiri S1 UPNVJ itu sebesar 30%," tutup dia.

Simak Video "Olla Ramlan Jawab Isu Rumah Tangga dengan Aufar Retak"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia