Cerita Ardian, Siswa CT Arsa Sukoharjo dengan SBMPTN 2021 Sempurna & Raih Beasiswa

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 22 Jun 2021 12:35 WIB
Cerita Ardian, Siswa CT Arsa Sukoharjo dengan SBMPTN 2021 Sempurna & Raih Beasiswa
Foto: Dok. Ardian CT Arsa Sukoharjo
Jakarta - Baru mendapat nilai SBMPTN 2021 dengan sempurna untuk mata pelajaran matematika, siswa SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo Tri Ardian Rinalda sudah menorehkan prestasi lain. Pelajar yang akrab disapa Ardian itu sudah resmi menjadi peraih beasiswa Mitsui Bussan Jepang for Indonesia 2021.

Beasiswa Mitsui Bussan ditujukan bagi para lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliah ke Jepang. Pihak pendanaan program ini adalah Mitsui & Co. Ltd, yang bekerja sama dengan Kemendikbud RI.

Mitsui Bussan Scholarship Program for Indonesia diadakan setiap tahun dan merupakan beasiswa penuh. Jadi, para siswa nantinya bisa dengan tenang menjalankan studi selama di Jepang.

Terkait keberhasilan Ardian mendapatkan program beasiswa ini, ia bercerita memang mempunyai cita-cita untuk melanjutkan studi semakin jauh, seiring semakin tinggi juga jenjang pendidikannya. Bahkan, sejak kelas X SMA, Ardian sudah mencari informasi studi ke luar negeri.

Tak lelah pasca SBMPTN 2021, Ardian mengatakan pada detikEdu bahwa dirinya tengah sibuk mempersiapkan dokumen Mitsui Bussan Scholarship. Sebelum meraih kesuksesan ini, ia perlu menjalani serangkaian seleksi.

Tahapan pertama adalah proses penyaringan, di mana peserta yang lolos seleksi dokumen, akan mendapat undangan tes tulis. Pada tahap kedua, ada tes tulis matematika dan bahasa Inggris secara online.

Di seleksi ketiga, Ardian diwajibkan mengirim dokuman tambahan berupa tes kesehatan, tes psikologi, dan esai. Keempat, dirinya harus menghadapi wawancara dengan para Komite Komite Pengelola dari Program Beasiswa Mitsui Bussan.

Agar tidak kaget ketika sampai di Jepang, para penerima beasiswa Mitsui Bussan, akan dibekali pengetahuan kehidupan di Jepang sebelum berangkat.

Ardian sendiri memilih jurusan matematika murni karena ia ingin bersumbangsih pada bidang pendidikan matematika di Indonesia. Sejak awal, orang tuanya memberi kebebasan pada Ardian untuk menentukan arah pendidikannya, selama tidak membebani orang tua.

Orang tua Ardian hanya berpesan untuk tetap menjaga akidah Islam. "Orang tua yakin, saya tahu mana yang baik (dan) mana yang kurang baik. Dan orang tua saya tahu kalau saya punya tujuan, saya harus ngapain, " cerita Ardian ketika dihubungi detikEdu, Selasa (22/06/2021).

Berdasarkan pengalamannya menjalani SBMPTN 2021 kemarin, Ardian juga membagikan tips untuk para detikers yang akan menghadapinya tahun depan. Menurutnya, penting untuk mengetahui semua cakupan materi UTBK serta mana yang perlu ditingkatkan di sisa waktu.

"Kalau ada yang kurang bisa, setidaknya hafalkan cara cepat atau trik-triknya gimana," ujar Ardian.



Simak Video "Nadiem Berharap Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air Usai Studi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia