Ujian SKD Sekolah Kedinasan 2021, Bagaimana Sistem Penilaiannya?

Tim detikcom - detikEdu
Senin, 31 Mei 2021 17:30 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melantik 744 pamong praja muda IPDN. Pelantikan itu diselenggarakan di Lapangan IPDN, Jatinangor, Jabar, hari ini.
Ujian SKD Sekolah Kedinasan 2021, Bagaimana Sistem Penilaiannya? (Foto ilustrasi: Wisma Putra)
Jakarta - Setelah berakhirnya masa pendaftaran dan verifikasi dokumen, kini tahapan rekrutmen calon aparatur sipil negara melalui jalur sekolah kedinasan 2021 memasuki tahap seleksi.

Ujian pertama yang akan dihadapi para calon mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan 2021 adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Ujian SKD dimulai hari ini Senin (31/5/2021) di sejumlah sekolah kedinasan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menetapkan standar penilaian dalam bentuk ketentuan nilai ambang batas SKD.

Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 921/2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2021.

Menurut peraturan tersebut, SKD memiliki tiga materi soal yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Jumlah soal keseluruhan SKD sekolah kedinasan 2021 sebanyak 110 soal, dengan rincian TKP terdiri dari 45 butir soal, TIU terdiri dari 35 butir soal, dan TWK terdiri dari 30 butir soal.

Lalu bagaimana sistem penilaian atau pembobotan nilai tiap materi tersebut?

Untuk materi soal TKP, bobot jawaban benar bernilai paling rendah 1 dan nilai paling tinggi 5, serta tidak menjawab bernilai 0. "Untuk materi soal TIU dan TWK, bobot jawaban benar bernilai 5 dan salah atau tidak menjawab bernilai 0," bunyi Keputusan Menteri yang diteken 21 Mei 2021 lalu.

Nilai kumulatif paling tinggi untuk SKD sekolah kedinasan 2021 adalah 550 dengan rincian 225 untuk TKP, 175 untuk TIU, dan 150 untuk TWK. Sementara untuk besarnya passing grade bisa dibaca di sini.

Pelaksanaan SKD bagi CASN sekolah kedinasan akan berlangsung pada Mei-Juni 2021 menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Peserta yang dapat mengikuti SKD 2021 adalah peserta yang lolos tahap pendaftaran, seleksi administrasi, dan sudah membayar biaya seleksi.

Simak Video "Ombudsman Sebut BKN Tak Kompeten Asesmen TWK Pegawai KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia