Vokasi UB Terima Mahasiswa Lewat Jalur Prestasi, Ini Syaratnya

Rahma Harbani - detikEdu
Minggu, 16 Mei 2021 16:11 WIB
Universitas Brawijaya (Unibraw)
Foto: Muhammad Aminudin/Vokasi UB Terima Mahasiswa Lewat Jalur Prestasi, Ini Syaratnya
Jakarta - rogram Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya (UB) menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur prestasi. Pendaftaran dibuka mulai 3 Mei hingga 21 Mei 2021 melalui laman https://admisi.ub.ac.id.

Pendaftaran ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 250 ribu. Kemudian pengumuman hasil seleksi jalur prestasi ini dijadwalkan pada 3 Juni mendatang.

Melansir laman resmi Universitas Brawijaya, terdapat persyaratan khusus bagi pendaftar program pendidikan vokasi melalui jalur prestasi ini. Apa saja syaratnya?

Syarat Pendaftar Vokasi Jalur Prestasi Universitas Brawijaya

1. Bagi pendaftar prestasi akademik, pendaftar harus memiliki nilai rapor minimal 7,5 per semester mulai dari semester 1 hingga 5;

2. Bagi pendaftar prestasi non akademik, pendaftar merupakan peraih peringkat atau juara 1, 2 dan 3 dalam bidang minat bakat olahraga, kesenian, keterampilan, keagamaan, dan kompetisi mata pelajaran seperti olimpiade matematika, cerdas cermat, karya tulis, dan lain sebagainya; dan

3. Dibuka juga kesempatan bagi pendaftar yang memiliki kemampuan menghafal Al Quran (hafidz dan hafidzah Al Quran).

Lebih lanjut, poin yang diperoleh bagi pendaftar prestasi non akademik akan dikombinasikan dengan perolehan nilai sekolah.

Sebagai informasi, vokasi Universitas Brawijaya menerima sekitar 1200 mahasiswa baru D4 dan D3 dari berbagai jalur pada tahun ini, yakni jalur prestasi, seleksi mandiri UB, dan seleksi mandiri vokasi UB.

Dengan masing-masing kuota penerimaan sebesar 30% dari total pendaftar jalur prestasi, untuk mandiri UB sebesar 40%, dan 30% dari mandiri vokasi UB.

Sementara itu, penerimaan mahasiswa baru D4 dilakukan dengan tiga jalur seleksi, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri.

Direktur Pendidikan Vokasi Prof. Dr. Unti Ludigdo menjelaskan kuota penerimaan ditentukan berdasarkan pada kapasitas masing-masing prodi. Kuota ditetapkan berdasarkan dari pengalaman tahun sebelumnya yang disesuaikan dengan jumlah peminat terbanyak dan keterserapan lulusan di dunia kerja.

Lebih lanjut, terkait dengan biaya pendidikan, Prof Unti menjelaskan bahwa Vokasi UB tetap berpatokan seperti tahun 2020. Untuk besaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) bagi mahasiswa vokasi jalur prestasi, pembayaran hanya akan dibebankan pada biaya UKT saja.

"Oleh karena itu, melalui jalur prestasi ini, kami berharap siswa-siswi yang memiliki potensi akademik maupun non akademik memadai dapat kita jaring, sehingga nanti biaya studinya dapat dikelompokkan ke yang rendah," kata Prof Unti yang dikutip detikEdu pada laman resmi Universitas Brawijaya, Minggu (16/5/2021).



Simak Video "Jokowi: Selama Pandemi Corona, Inventor Unibraw Telah Ajukan 132 Paten"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia