Dear Peminat Jalur Mandiri Universitas Brawijaya, Perhatikan Ketentuan Ini

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 06 Mei 2021 14:40 WIB
Universitas Brawijaya (Unibraw)
Foto: Muhammad Aminudin/Dear Peminat Jalur Mandiri Universitas Brawijaya, Perhatikan Ketentuan Ini
Jakarta -

Universitas Brawijaya membuka jalur seleksi mandiri untuk program sarjana (S1) dan vokasi (D3 dan D4) tahun 2021 lewat Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya. Pendaftaran gelombang I dibuka untuk program D3, D4, dan S1 mulai 2 Juni 2021 pukul 13.00 WIB sampai 15 Juni 2021.

Adapun pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya gelombang II dibuka untuk program S1 saja mulai 17 Juni 2021 pukul 13.00 WIB sampai 17 Juli 2021.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh pendaftar, yaitu seleksi berdasar nilai UTBK 2021 untuk pendaftar dari angkatan 2021 dan seleksi berdasar prestasi akademik dan non akademik untuk pendaftar dari angkatan 2019-2021.

Kepala Bagian Perencanaan, Akademik, dan Kerjasama Universitas Brawijaya Heri Prawoto Widodo menuturkan, pendaftar berdasar nilai UTBK juga boleh mendaftar jalur prestasi dengan nilai rapor.

"Kalau tidak ada prestasi non akademik tidak apa-apa, ini menambah nilai poin penilaian saja," kata Heri dalam siaran langsung "Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya Tahun 2021" di kanal YouTube Universitas Brawijaya, Kamis (6/5/2021).

Ia menambahkan, adapun jalur prestasi akademik dan non akademik terutama diseleksi berdasar nilai rapor. Jalur ini khususnya dibuka untuk calon pendaftar yang tidak mengikuti UTBK, seperti lulusan angkatan 2019 dan 2020.

"Lulusan angkatan 2021 yang ikut jalur UTBK juga boleh ikut jalur rapor ini. (Karena) Belum ada ijazah, bisa pakai Surat Keterangan Lulus atau surat keterangan kelas 12, disahkan sekolah dengan foto terkena stempel," kata Heri.

Adapun nilai rapor yang diperlukan dalam pengisian pendaftaran yaitu nilai rapor bagian pengetahuan seperti nilai mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan rata-rata nilai mata pelajaran peminatan, jurusan, atau kompetensi.

Nilai yang diisikan adalah nilai pada tiga semester sekolah. Siswa atau lulusan kelas reguler dapat mengunggah berkas rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1.

Adapun kelas akselerasi sistem 4 semester dapat mengunggah berkas rapor kelas X semester 1 dan 2 dan rapor kelas XI semester 1. Sementara siswa atau lulusan kelas akselerasi sistem 6 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 3 dan kelas XI semester 1 dan 2.

Heri mengatakan, pendaftaran jalur rapor juga memperhatikan akreditasi sekolah dan akreditasi jurusan siswa di SMA.

"Sehingga kepada sekolah dan guru, mohon diperhatikan jika siswa meminta kebutuhan keterangan akreditasi ini," jelasnya.

Ia menambahkan, pendaftar jalur prestasi akademik dan non akademik dengan nilai rapor juga bisa mendaftar lebih dari satu kali dengan menggunakan akun yang berbeda.

"Tidak seperti jalur nilai UTBK. Pendaftar jalur nilai UTBK hanya boleh mendaftar satu kali," jelas Heri.

Jalur Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya 2021 dibuka untuk warga negara Indonesia lulusan SMA, SMK, MA atau sederajat yang memiliki NISN dan NPSN tahun 2019-2021 dari SMA, SMK, MA sederajat.

Pendaftar Jalur UTBK dapat memilih prodi kelompok soshum, saintek, dan campuran di Universitas Brawijaya.

Heri menuturkan, peserta yang mengikuti UTBK kelompok saintek hanya dapat memilih dua prodi saintek jenjang S1, D3, atau D4.

Begitu pula dengan peserta yang mengikuti UTBK kelompok soshum hanya dapat memilih dua prodi soshum jenjang S1, D3, atau D4.

Sementara peserta UTBK kelompok campuran dapat memilih dua prodi soshum, atau dua prodi saintek, atau satu prodi saintek plus satu prodi soshum.

"Urutan dalam pemilihan prodi menyatakan prioritas pilihan," terang Heri.

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia