Besaran Uang Pangkal Pengaruhi Kesempatan Masuk PTN Jalur Mandiri Nggak Ya?

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 04 Mei 2021 17:20 WIB
kampus undip semarang
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jakarta - Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membuka jalur seleksi mandiri. Jalur tersebut biasa dibuka dengan ketentuan kesanggupan membayar uang pangkal atau sumbangan institusi.

Adapun, beberapa PTN yang membuka jalur mandiri adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Diponegoro (Undip). Lantas, semakin besar uang pangkal yang sanggup dibayar bisa memengaruhi kesempatan peserta lolos ujian nggak ya?

Dihubungi detikEdu, Humas dan Komunikasi ITB Naomi Sianturi Haswanto menjelaskan bahwa besaran uang pangkal tidak memengaruhi kesempatan peserta lolos ujian. Sebab, ITB melakukan penilaian berdasarkan prestasi akademik, yakni dari nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan juga nilai rapor SMA.

"Jadi yang diutamakan adalah kelayakan penilaian akademik seorang mahasiswa yang memenuhi syarat untuk masuk. Jadi, nilai calon mahasiswa yang diutamakan, tidak dikaitkan dengan besarnya sumbangan," ungkap dia, Selasa (4/5/2021).

Lebih lanjut, Naomi memaparkan uang sumbangan pada dasarnya diberikan untuk menunjang pembangunan fasilitas di ITB. Sehingga, bila ada peserta yang mampu membayar tetapi tidak memiliki nilai yang baik tidak akan diterima.

"Di ITB tidak dibedakan penilaiannya berdasarkan uang sumbangan. Tujuan uang sumbangan kan untuk pembangunan dan pengembangan fasilitas pendidikan di ITB. Kalau sumbangannya besar, katakan lah Rp 100 juta, tapi nilainya tidak memenuhi syarat, ya tidak bisa masuk ITB," terang Naomi.

Dihubungi terpisah, Kepala Sub Bagian UPT Humas dan Media Undip Utami Setyowati menjelaskan, penilaian seleksi mandiri ditentukan berdasarkan hasil ujian. Sehingga, besaran uang Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) tidak memengaruhi kesempatan mahasiswa untuk lolos.

"Yang paling menentukan adalah nilai tes, bukan dari besaran SPI-nya. Jadi tetap berdasarkan nilai tesnya," tutup dia.

Semangat ujian mandirinya, detikers!



Simak Video "Di Sidang Terbuka ITB, Jokowi Umumkan Indonesia Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia