Hore! ITB Gratiskan Uang Kuliah Seleksi Mandiri Bagi Mahasiswa Kurang Mampu

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 04 Mei 2021 15:30 WIB
Kampus ITB
Foto: Istimewa/Hore! ITB Gratiskan Uang Kuliah Seleksi Mandiri Bagi Mahasiswa Kurang Mampu
Jakarta - Institut Teknologi Bandung (ITB) membebaskan uang kuliah tunggal (UKT) seleksi mandiri bagi mahasiswa kurang mampu. Selain itu, pihaknya juga membebaskan biaya pendaftaran.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Jaka Sembiring, pembebasan biaya tersebut diberikan kepada mahasiswa pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) atau yang memiliki kriteria sesuai. Calon mahasiswa cukup mengunggah kartu atau surat keterangan tersebut.

"ITB memberikan pembebasan biaya pendaftaran bagi pendaftar dengan KIP-K atau keluarga kurang mampu setara dengan kriteria syarat KIP-K. Calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP-K atau keterangan tidak mampu," terang Jaka dalam keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Selasa (4/5/2021).

Lebih lanjut, Jaka mengungkapkan keputusan membebaskan UKT pada mahasiswa kurang mampu ITB adalah pertimbangan akademik. Sehingga, mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi akan mendapatkan kemudahan dalam menempuh pendidikan.

"Pertimbangan prestasi akademik yang tinggi adalah kriteria utama dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru di ITB," sambungnya.

Biaya pendaftaran jalur Seleksi Mandiri ITB sendiri dipatok sebesar Rp 200 ribu untuk seluruh prodi selain prodi di FSRD. Kemudian, untuk pemilih program FSRD dikenakan biaya pendaftaran Rp 300 ribu.

Sementara itu, untuk diketahui jalur Seleksi Mandiri ITB dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi. Namun, kata Jaka, pembebasan biaya bagi mahasiswa kurang mampu menunjukkan bahwa ada kesempatan untuk setiap orang.

"Menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi tinggi," imbuhnya.

Selain terbukanya kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu, jalur Seleksi Mandiri ITB juga memberikan bentuk keringanan lain pada mahasiswa lain yang lolos seleksi, yakni pembayaran sistem cicilan.

"Dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal, ITB memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukannya secara mencicil," tutup Jaka.

Sebagai informasi, pendaftaran Seleksi Mandiri ITB dibuka sejak Senin (3/5/2021) kemarin. Rencananya, pendaftaran ini akan dibuka hingga 10 Juni 2021 mendatang di situs resmi ITB https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

Simak Video "Penjelasan Peneliti ITB soal Potensi Tsunami 20 M di Selatan Pulau Jawa"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia