Mau Ikutan Bimbel Sekolah Kedinasan? Ini Besaran Biayanya

Puti Yasmin - detikEdu
Jumat, 30 Apr 2021 16:40 WIB
Kampus PKN STAN
Foto: Pinterst/Mau Ikutan Bimbel Sekolah Kedinasan? Ini Besaran Biayanya
Jakarta - Peserta sekolah kedinasan mengikuti bimbingan belajar (bimbel) agar lolos ujian. Les tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Menurut Chief Marketing Officer bimbingan online Ecodu.id Ryan Fachrozy, pihaknya mematok biaya sebesar Rp 249 ribu untuk satu periode. Para pesertanya pun bisa belajar selama lima hari dalam seminggu secara online.

"Kami Rp 249 ribu per sekali (periode), sampai selesai. Sistemnya online, belajar lima hari dalam seminggu, ada websitenya juga, ada live class, zoom, kelas WA juga ada," ungkap dia saat berbincang dengan detikEdu, Jumat (30/4/2021).

Lebih lanjut, Ryan mengungkapkan pihaknya tak hanya menawarkan materi SKD saja. Tetapi juga, materi dalam menghadapi ujian TKA, Psikotes, ujian fisik hingga proses wawancara sehingga persiapan dilakukan secara matang.

"Kalau di Ecodu ada materi tes kemampuan akademik, kami juga ajari Psikotest, wawancara, dan ada juga tes anti radikalisme kan baru nih ya. Uniknya, kami menghadirkan siswa PTK, dokter dan atlet untuk persiapan tes fisik dan kesehatan, jadi kurikulumnya khusus," sambungnya.

Sementara itu, owner bimbel online Kedinasan.id Septiawan Aji menjelaskan, pihaknya menawarkan biaya bimbingan online, mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 350 ribu. Angka tersebut, tergantung pilihan paket les yang akan diambil para pesertanya, apakah hanya untuk tahap awal atau hingga akhir.

Aji mengungkapkan, tawaran les tersebut dilakukan mengikuti sistem seleksi sekolah kedinasan. Sebab, di setiap tahapnya peserta akan bisa dinyatakan gugur atau lanjut.

"Bimbel berbasis online kan, jadi kita serahkan ke siswa, biaya Rp 150 ribu sampai Rp 350 ribu per tahapan. Mereka pilih, misalnya untuk sampai tahap 2 saja, atau sampai tahap akhir karena kan (sekolah kedinasan) sistemnya gugur. Jadi sayang kalau mereka sudah gugur di tahap pertama padahal ambil sampai akhir, makanya kami tawari, kalau lanjut bisa upgrade (kelas)," beber dia.

Fasilitas yang ditawarkan juga tak hanya berupa materi ujian, para peserta bisa mendapatkan gratis konsultasi dari mahasiswa yang telah lulus sekolah kedinasan. Sehingga, peserta bisa mendapatkan bimbingan dari yang berpengalaman.

"Kita juga menghadirkan konsultasi langsung jadi nggak cuma materi (sekolah kedinasan). Jadi bebas konsultasi, belajar dari mahasiswa, sharing," tutup dia.

Simak Video "Pasar Triwindu, Surganya Pemburu Barang-barang Kuno, Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia