Les Sekolah Kedinasan Bermunculan, Peserta Banyak Incar Institusi Apa?

Puti Yasmin - detikEdu
Jumat, 30 Apr 2021 13:00 WIB
Infografis sekolah kedinasan 2021
Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim: Infografis sekolah kedinasan 2021/Les Sekolah Kedinasan Bermunculan, Peserta Banyak Incar Institusi Apa?
Jakarta - Sekolah kedinasan menjadi salah satu tujuan favorit usai lulus dari sekolah menengah. Kehadiran les sekolah kedinasan pun mulai banyak bermunculan untuk membantu peserta lulus ujian.

Lantas, banyak peserta incar institusi apa sih di tempat les?

Chief Marketing Officer bimbingan online Ecodu.id Ryan Fachrozy mengatakan, pada dasarnya selalu ada peningkatan minat masyarakat terhadap les sekolah kedinasan. Namun, pada tahun ini ia menilai peningkatan kurang pesat dibanding tahun lalu karena adanya perubahan aturan di PKN STAN.

Sebab, sebelumnya PKN STAN melaksanakan ujian TPA dan Bahasa Inggris. Namun, tahun ini ditiadakan dan digantikan dengan menggunakan nilai TPS dari UTBK SBMPTN 2021.

Hal itu sangat memengaruhi karena sekolah kedinasan PKN STAN merupakan sekolah kedinasan yang menjadi incaran nomor satu para peserta bimbingan les.

"STAN selalu menjadi favorit. Bahkan di tahun ini yang kursinya (kuota) cuma 275. Kalau kita lihat data STAN nomor satu walaupun kursinya ini semakin sedikit," ungkap dia kepada detikEdu, Jumat (30/4/2021).

Hal senada juga dikatakan oleh owner bimbel online kedinasan.id Septiawan Aji. Bahkan, menurutnya tahun ini bakal ada lonjakan peminat pada sekolah kedinasan PKN STAN.

Pasalnya, tahun lalu PKN STAN tidak membuka jalur masuk. Sehingga, para peserta pada tahun lalu diperkirakan akan mendaftar kembali agar bisa masuk sekolah idamannya ini.

"Tahun lalu STAN tutup. Jadi, STAN salah satu sekolah favorit incaran dan tahun lalu kan tutup. Jadi meningkat karena STAN dibuka, orang yang nggak daftar tahun lalu masuk ke tahun ini," terang Aji.

Hanya saja, ia juga menyoroti soal penggunaan nilai UTBK SBMPTN 2021. Sehingga, sulit untuk memprediksi jumlah peningkatan pemilih PKN STAN di seleksi sekolah kedinasan ini.

"Cuma peraturan STAN yang pakai UTBK tahun ini, kan artinya yang sudah keterima SMNPTN nggak boleh ikut UTBK, nggak bisa daftar STAN, makanya nggak tahu nih STAN pendaftaranya banyak tapi nggak tahu juga dengan adanya aturan ini," imbuh Aji.

Sebagai informasi, pendaftaran sekolah kedinasan dilakukan di website resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) di link https://sscasn.bkn.go.id. Adapun, pendaftaran dibuka sejak (9/4/2021) hingga hari ini, Jumat (30/4/2021).

Bagaimana detikers, tertarik mendaftar ke sekolah kedinasan? Buruan!

Simak Video "Bintang 'Friends' Stan Kirsch Ditemukan Meninggal Bunuh Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia