Viral 'Bocoran' Soal UTBK SBMPTN 2021, Ini Penjelasan LTMPT

Puti Yasmin - detikEdu
Senin, 19 Apr 2021 11:50 WIB
Rektor UNS meninjau pelaksanaan UTBK SBMPTN hari pertama.
Foto: Foto Bayu Ardi/detikcom/Viral 'Bocoran' Soal UTBK SBMPTN 2021, Ini Penjelasan LTMPT
Jakarta - Sebuah unggahan mengenai bocoran soal UTBK SBMPTN 2021 viral di media sosial. Dalam unggahan tersebut tertulis 'Bahas Bocoran Soal UTBK Gel-1 2021 Bersama Super Teacher Les-Online.com'.

Bahkan, untuk mendapatkan pembahasan bocoran soal tersebut peserta dipatok biaya sebesar Rp 500.000 untuk pembelian 13-27 April 2021. Adapun, materi yang dibahas adalah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan TPS.

Terkait hal itu, Ketua Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo menjelaskan pihaknya dan PTN tidak pernah bekerja sama dengan pihak mana pun. Ia pun heran mengapa masih banyak masyarakat yang tertipu dengan informasi tersebut di media sosial.

"Sudah disampaikan 1.000 kali bahwa LTMPT dan PTN tidak bekerja sama dengan perorangan atau kelompok atau institusi dalam PMB masuk PTN. Saya masih heran kok masih ada masyarakat yang percaya, dirayu dan dibohongi orang yang tidak bertanggung jawab" terang dia saat dihubungi detikEdu, Senin (19/4/2021).

Pria yang juga merupakan guru besar di Universitas Gadja Mada (UGM) ini juga menyoroti soal informasi joki UTBK SBMPTN 2021. Pihaknya mengaku telah melakukan prosedur ketat sehingga jika membaca alat akan terkena detektor logam.

"Herannya kok ya masih ada yg percaya dan mau bayar kalau benar. Kami tidak ngurus seperti itu. Kalau merasa kebohongan dan dirugikan lapor saja ke polisi nanti dijerat dengan hukum perdata," tegas Budi.

Sementara itu, Budi mengungkapkan bahwa lembaga Les-online.com telah meminta maaf kepada LTMPT dan membuat klarifikasi. Disebutkan bahwa postingan di media sosial tersebut merupakan program kelas insentif yang membahas soal-soal yang hampir sama dengan kisi-kisi UTBK sebelumnya.

Kemudian, Les-online.com mengaku tidak pernah menerima soal-soal UTBK 2021 yang sedang dan akan berlangsung dari pihak mana pun. Kata 'Bocoran' yang disematkan dalam postingan merupakan gimmick marketing dan tidak bermaksud untuk mengelabui dan membodohi pihak mana pun.


Pihak Les-online.com yang membuat postingan bocoran soal UTBK SBMPTN 2021 juga telah menghapus postingan tersebut di media sosial dan mengganti judul program sesuai arahan panitia LTMPT. Terakhir, pihaknya meminta arahan dan memohon maaf.

"Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, dari hati kami yang paling dalam, kami Memohon Maaf kepada panitia LTMPT dan kepada pihak-pihak yang merasa dirugikan atas permasalahan yang timbul dari postingan tersebut," bunyi surat klarifikasi dan permohonan maaf tersebut.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 gelombang I telah berlangsung pada 12-18 April lalu. Selanjutnya, gelombang II akan dilakukan pada 26 April - 2 Mei dan tambahan di tanggal 3-4 Mei 2021 untuk beberapa pusat UTBK.

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia