Peserta UTBK Positif COVID-19 Langsung Gagal SBMPTN? Ini Kata LTMPT

Puti Yasmin - detikEdu
Jumat, 16 Apr 2021 10:15 WIB
Rektor UNS meninjau pelaksanaan UTBK SBMPTN hari pertama.
Foto: Foto Bayu Ardi/detikcom/Peserta UTBK Positif COVID-19 Langsung Gagal SBMPTN? Ini Kata LTMPT
Jakarta - Pelaksanaan UTBK 2021 berlangsung di masa pandemi COVID-19. Lalu apakah peserta yang positif virus corona langsung gagal SBMPTN?

Menurut Ketua Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo, semua aturan pada dasarnya telah tercantum di kartu pendaftaran. Adapun, salah satu syarat mengikuti UTBK SBMPTN adalah sehat.

"Syarat mengikuti tes sudah tercantum di kartu pendaftaran, peserta harus sehat," ungkap dia saat dihubungi detikEdu.

Lebih lanjut, pria yang juga guru besar di Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menjelaskan bahwa tidak ada jadwal tes UTBK SBMPTN pengganti bagi peserta yang positif COVID-19. Sehingga, peserta yang tidak sehat tidak dapat mengikuti ujian.

"Tidak ada (jadwal pengganti UTBK)," tegas Budi.

Untuk itu, Budi mengungkapkan bahwa para peserta harus menjaga kesehatannya, seperti melakukan isolasi di rumah selama 14 hari sebelum jadwal ujian. Hal itu sesuai dengan saran yang tertulis dalam kartu ujian.

"Sudah ada juga di dokumen setiap peserta yang cetak kartu ujian. Apa yang harus dilakukan pada masa persiapan, saat ujian, dan setelah ujian. Kalau dijalankan Insya Allah sehat. Contoh persiapan, harus isolasi di rumah 14 hari, dan seterusnya," kata Budi.

Adapun, saran-saran dari LTMPT yang tertulis dalam kartu peserta adalah memastikan sudah menggunakan masker, sarung tangan (dianjurkan), face shield (dianjurkan), hand sanitizer, hingga memperkirakan waktu tempuh dari tempat tinggal ke lokasi ujian UTBK.



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia