Viral Peserta UTBK Bawa HP, LTMPT: Risiko Didiskualifikasi dan Nilai Tidak Keluar

Puti Yasmin - detikEdu
Kamis, 15 Apr 2021 15:30 WIB
ilustrasi smartphone
Foto: Unspslah/Viral Peserta UTBK Bawa HP, LTMPT: Risiko Didiskualifikasi dan Nilai Tidak Keluar
Jakarta - Sebuah foto memperlihatkan soal layar komputer ujian UTBK SBMPTN 2021 viral di Twitter. Padahal, ketentuannya peserta tidak diperbolehkan membawa HP saat ujian berlangsung.

Foto tersebut diunggah dalam Twitter @sbmptnfess dan mendapat likes lebih dari 4 ribu orang dan lebih dari 600 orang mereply tweet tersebut. Banyak netizen yang heran dan menyayangkan sikap peserta dalam foto tersebut.

"capek" belajar padahal, sayang kalo didiskualifikasi gara" itu," tulis @reeknowbbit.

Merespons hal itu, Ketua Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo mengatakan bahwa pelanggaran yang dilakukan peserta pasti telah dicatat dan dimuat dalam berita acara. Sehingga, peserta tersebut berisiko didiskualifikasi dan tidak mendapatkan nilai UTBK.

"Saya kira prinsip sudah ada tata tertib yang harus dipenuhi peserta tes. Kalau ada pelanggaran pasti sudah dibuat berita acara dan ditandatangani yang bersangkutan. Jadi risiko bagi yang bersangkutan akan didiskualifikasi dan nilai tidak keluar," ungkap dia saat dihubungi detikEdu, Kamis (15/4/2021).

Bahkan, untuk memastikan peristiwa di ruang UTBK tersebut pihaknya juga akan melakukan pengecekan pada kamera pengawas atau CCTV. Hal itu dilakukan pada ruangan yang memiliki CCTV.

"Kan tidak semua ruangan ada CCTV-nya. Kalau yang ada bisa kami lakukan," sambung dia.

Adapun, pria yang juga menjabat sebagai guru besar di UGM ini mengatakan, sebelum pengumuman pihaknya akan melakukan rekap Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari semua pusat UTBK secara lengkap. Sehingga tidak ada satu kecurangan yang bisa ditoleransi.

"Nanti akan kita rekap BAP tiap pusat UTBK. Jadi pada akhir tes sebelum pengumuman akan kami lakukan bersih-bersih sebelum diumumkan. Nanti setelah sesi terakhir. Prinsip setiap sesi, setiap ruang, setiap pusat UTBK sudah dilaporkan," terang dia.

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia