Tips Lolos Ujian dari Plt Direktur PKN STAN, Apa Saja?

Puti Yasmin - detikEdu
Jumat, 09 Apr 2021 08:15 WIB
Kampus PKN STAN
Foto: Pinterst/Tips Lolos Ujian dari Plt Direktur PKN STAN, Apa Saja?
Jakarta - Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau PKN STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit. Untuk itu banyak yang berharap agar dapat diterima masuk PKN STAN 2021.

Untuk itu, Plt Direktur PKN STAN Bambang Juli Istanto membeberkan beberapa tips lolos dan dapat ikatan dinas PKN STAN 2021. Adapun, ada tiga hal yang ia soroti, yakni intelektual, karakter dan fisik.

Menurut Bambang, ketiga hal tersebut menjadi salah satu tolok ukur dalam materi yang akan diujikan kepada calon pendaftar PKN STAN 2021/2022. Maka dari itu, ia meminta peserta mempersiapkan betul ketiga hal tersebut.

"Ini kan aspek intelektual bagus, karakter bagus, aspek fisik bagus, jadi siapin saja (tiga hal)," ungkap dia saat dihubungi detikEdu, Kamis (8/4/2021) malam.

Lebih lanjut, Bambang memaparkan untuk mempersiapkan tiga hal tersebut, calon peserta PKN STAN bisa melakukan latihan. Dengan banyak berlatih, maka hasil akhirnya akan lebih baik.

"Biar intelektual belajar, latihan, cari soal. Supaya karakter bagus kan orang bahasanya value penting, karakter penting mau jadi abdi masyarakat kan penting, pegawai negeri harus value yang tepat, dan fisik bisa dilatih," papar pria kelahiran Juli 1971 ini.

Sementara itu, Bambang mengungkapkan ada empat tahapan tes dalam SPMB PKN STAN 2021, yakni pertama seleksi administrasi yang menggunakan nilai TPS dari UTBK SBMPTN. Kedua, seleksi kompetensi dasar (SKD) dari BKN.

Kemudian, ada tes kesehatan, kebugaran, dan psikologi sebagai syarat masuk PKN STAN. Terakhir, peserta akan menjalani sesi wawancara untuk dapat diterima dan lolos seleksi.

"Kita juga nggak tahu (kisi-kisi soal PKN STAN). Tapi kan gini, anak-anak sudah tahu lah, belajar tahu sendiri, cari sendiri SKB, psikotes ada juga kalau mau belajar, kan kita nggak bikin soal," terangnya.



Simak Video "Bintang 'Friends' Stan Kirsch Ditemukan Meninggal Bunuh Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia