Lulus PKN STAN, Langsung Ditugaskan di Kementerian Keuangan?

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 07 Apr 2021 13:49 WIB
Logo STAN
Foto: istimewa/Lulus PKN STAN, Langsung Ditugaskan di Kementerian Keuangan?
Jakarta - Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN merupakan sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Lantas, lulus dari PKN STAN bisa langsung ditugaskan di Kemenkeu?

Dari FAQ Siaran Pers BPPK Kemenkeu dijelaskan bahwa PKN STAN merupakan sekolah yang mencetak aparatur pengelola keuangan negara di Indonesia. Sehingga nantinya, mereka akan ditugaskan sesuai kebutuhan.

Hanya saja, tak hanya ditugaskan di Kemenkeu, para lulusan PKN STAN juga bisa tempatkan di instansi pemerintah yang lainnya. Asal, terdapat kebutuhan sesuai dengan lulusannya.

"PKN STAN merupakan perguruan tinggi pencetak aparatur pengelola keuangan negara di Indonesia. Sehingga, kebijakan penempatan lulusan PKN STAN juga akan tetap memperhatikan kebutuhan aparatur pengelola keuangan negara pada tiap-tiap instansi pemerintah," bunyi informasi tersebut dikutip detiKEdu.

Adapun, pendaftaran PKN STAN 2021/2022 akan menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2021 dari tes potensi skolastik (TPS). Langkah itu dilakukan guna meminimalisir dampak pandemi COVID-19.

Sehingga dengan ketentuan tersebut, siswa-siswi SMA yang lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak dapat mengikuti SPMB. Sebab, LTMPT tidak memperkenankan mereka untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2021.

"Bagi peserta yang sudah mendaftar dan diterima melalui jalur SNMPTN tahun 2021, sesuai dengan ketentuan Lembaga Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak bisa mengikuti UTBK tahun 2021, sehingga tidak dapat mengikuti SPMB PKN STAN 2021," tulis aturan tersebut.

Kemenkeu sendiri telah menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) Penempatan Lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN Tahun 2020 pada Kementerian/Lembaga dan Pemda, 12 November 2020 lalu.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkeu Hadiyanto mengatakan bahwa lulusan PKN STAN pada tahun 2020 banyak dialokasikan ke kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (Pemda). Dari total lulusan 2020 sebanyak 64% ditugaskan di K/L dan 36% ditempatkan di Pemda.

"Pada tahun 2020 ini, kami akan kembali mengalokasikan lulusan PKN STAN ke K/L, dan juga bahkan ke Pemda. Dari total lulusan yang telah diwisuda tahun ini sebanyak 2.447 orang (156 lulusan program D-I dan 2.291 lulusan program D-III), sebanyak 1.014 orang akan dialokasikan ke K/L dan Pemda, dengan rincian alokasi kepada 41 K/L sebanyak 647 orang (64%) dan alokasi kepada 13 Pemda sebanyak 367 orang (36%)," ujarnya.

Bahkan, kata Hadiyanto, beberapa lulusan PKN STAN ditempatkan di Kepolisian RI. Namun, jumlah lulusan masih belum bisa memenuhi semua permintaan. Kemenkeu Baru bisa memenuhi kebutuhan sekitar 20%.

"Pada tahun ini ada 24 instansi baru yang mendapat alokasi termasuk 4 dari 6 diantaranya Kepolisian RI, 10 Pemda Provinsi, 2 Pemda Kabupaten, dan 1 Pemda Kota. Dengan demikian secara akumulatif sampai tahun 2020 ini kami telah menempatkan 2.785 lulusan PKN STAN pada 68 instansi. Kami menyadari bahwa apa yang kami alokasikan tersebut belum bisa memenuhi seluruh permintaan K/L dan Pemda. Berdasarkan usulan dari 41 K/L dan 13 Pemda sebanyak 4.859 orang, jumlah yang bisa kami penuhi tahun ini kira-kira baru mencapai sekitar 20%" tutup dia.

Simak Video "Pendidikan Pra Sekolah Untuk Mempererat Hubungan Anak dan Orang Tua, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia