Catat! Ini Persiapan Ikut UTBK-SBMPTN Saat Pandemi

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 06 Apr 2021 12:45 WIB
UTBK di UPN Veteran Jakarta, 5 Juli 2020. (Dok UPN Veteran Jakarta)
Persiapan ikut UTBK SBMPTN 2021. Jangan lupa taati protokol kesehatan (Dok UPN Veteran Jakarta)
Jakarta - Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 tinggal hitungan hari saja. Tentunya dibutuhkan persiapan yang matang mulai dari sebelum, saat, hingga setelah pelaksanaan ujian. Terutama karena UTBK-SBMPTN 2021 digelar di tengah pandemi COVID-19.

Memangnya persiapan seperti apa sih yang diperlukan? Simak, tips berikut ini seperti yang dikutip dari univ_airlangga, akun instagram resmi Universitas Airlangga, Surabaya.

Sebelum Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021

1. Sebaiknya kamu melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum hari pelaksanaan UTBK;

2. Jangan lupa memakai masker medis;

3. Bawa juga masker cadangan untuk berjaga-jaga, ya!;

4. Saat memasuki lokasi ujian UTBK-SBMPTN 2021, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer;

5. Bawa juga pensil atau bolpoin;

6. Gunakan baju lengan panjang;

7. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sejak berangkat dari rumah terutama bagi kamu yang naik transportasi publik;

8. Ingat! Apabila kamu tidak memenuhi protokol kesehatan dan atau suhu badan di atas 37.3 C, maka kamu tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian.

Saat Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021

1. Masukkan semua barang yang tidak diperlukan ke dalam tas, tas dibawa masuk ke ruang ujian dan nantinya akan ditempatkan di bawah meja ujian kamu; dan

2. Wajib buat kamu untuk selalu gunakan masker dan kenakan sarung tangan yang telah disediakan sepanjang pelaksanaan ujian.

Setelah Pelaksanaan UTBK SBMPTN

1. Kamu diimbau untuk keluar ruang ujian dengan teratur, melepas dan membuang sarung tangan pada tempat yang sudah disediakan, gunakan hand sanitizer, dan tetap menjaga jarak aman; dan

2. Sebaiknya setelah ujian kamu langsung pulang ke rumah masing-masing, ya!

Untuk diketahui gelombang pertama UTBK-SBMPTN 2021 akan digelar pada 12-18 April 2021. Sementara gelombang kedua pada 26-30 April 2021 dan 1-2 Mei 2021. Khusus untuk Pusat UTBK UI, UNJ, UPN Veteran Jakarta, dan Unsulbar dilakukan penambahan waktu pada gelombang kedua yakni 3-4 Mei 2021.

Setelah membaca tips persiapan ikut UTBK-SBMPTN 2021 selama masa pandemi seperti ini, kira-kira persiapan kamu sudah sejauh apa? (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia