Soal Ketentuan Pakaian Peserta SBMPTN 2021, LTMPT: Aturan Pusat UTBK Masing-masing

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 06 Apr 2021 12:05 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)/Soal Ketentuan Pakaian Peserta SBMPTN 2021, LTMPT: Aturan Pusat UTBK Masing-masing
Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan tidak mengatur ketentuan pakaian peserta UTBK SBMPTN 2021. Adapun, aturan tersebut dikontrol oleh pusat UTBK masing-masing.

Menurut Ketua LTMPT Mohammad Nasih pihaknya tidak pernah mengatur pakaian para peserta ujian. Peserta diperbolehkan menggunakan pakaian bebas, dengan ketentuan rapi dan sopan.

"LTMPT tidak mengatur pakaian. Bebas, rapi, dan sopan saja," ungkap dia saat dihubungi detikEdu, Selasa (6/4/2021).

Dihubungi terpisah, Ketua Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo menambahkan para peserta tidak boleh menggunakan kaos oblong atau atribut yang tidak sopan saat ujian berlangsung. Untuk alas kakinya juga tidak diperkenankan menggunakan sandal.

"Pada waktu mengikuti tes (UTBK SBMPTN 2021) peserta harus memakai pakaian yang rapi, sopan dan layak.Tidak memakai sandal, kaos oblong dan atribut lain yang tidak sopan," ungkapnya.

Terkait ketentuan penggunaan masker, dan hal bersifat mencegah penularan COVID-19 diserahkan kepada pusat UTBK masing-masing. Pihaknya pun mendukung ketentuan tersebut karena menilai hal ini merupakan kewajiban.

"Oh kalau penerapan prokes COVID-19 memang harus. Setiap peserta sudah tahu apa yang harus dilakukan mulai persiapan, saat tes dan pasca tes. Misal 24 hari sebelum tes harus isolasi dan seterusnya. Kalau nggak tahu ya berarti nggak layak kuliah di PTN bagus," kata pria yang juga guru besar di UGM ini.

Sementara itu, jadwal UTBK SBMPTN 2021 dilakukan dalam dua gelombang. Pada gelombang I berlangsung mulai 12-18 April 2021 dan gelombang II pada 26 April - 2 Mei 2021. LTMPT juga menambah waktu ujian khusus di UI, UNJ, dan UPN Veteran Jakarta pada 3-4 Mei 2021.

Selamat berjuang di UTBK SBMPTN 2021!

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia