Pengumuman! Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 Diperpanjang Sampai Besok Sore

Tim detikcom - detikEdu
Kamis, 01 Apr 2021 18:53 WIB
Ujian tes berbasis komputer (UTBK) untuk masuk universitas digelar di UPN Veteran Jakarta. Tes tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.
LTMPT memperpanjang tenggat pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 hingga 2 April 2021 pukul 15.00 WIB (Foto: Rifkianto Nugroho )
Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akhirnya mengundurkan batas waktu pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 sampai 2 April 2021 pukul 15.00 WIB.

Seperti dikutip dari Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 11/SE.LTMPT/2021 tentang Perpanjangan Masa Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021, keputusan tersebut diambil berdasarkan evaluasi pendaftaran UTBK-SBMPTN pada 1 April 2021 pukul 14.00 WIB.

Batas waktu baru yang diberikan tersebut sudah termasuk sudah termasuk dengan masa pembayaran biaya UTBK di bank mitra seperti Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id dan pastikan siswa telah melakukan simpan permanen sampai dengan cetak kartu.

"Juga penuntasan pendaftaran UTBK-SBMPTN sampai dengan finalisasi serta cetak kartu peserta," seperti yang dikutip detikEdu dari Surat Edaran tersebut Kamis (1/4/2021).

"Kami merekomendasikan untuk menggunakan perangkat laptop atau komputer guna menghindari kesalahan dalam pengisian data," tulis LTMPT dalam akun Instagram resminya.

Hingga Kamis 1 April 2021 pukul 09.00 WIB jumlah yang mendaftar UTBK SBMPTN 2021 sebanyak 757.614 siswa. Hanya saja masih ada 3.841 siswa yang belum melakukan simpan permanen.

Seperti yang detikEdu beritakan beberapa waktu lalu, muncul keluhan dari calon peserta yang belum berhasil mendaftar karena terkendala pemilihan lokasi ujian atau pusat UTBK.

Direktur Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo ketika itu menyampaikan pihaknya akan melakukan evaluasi menjelang penutupan untuk memutuskan ada atau tidaknya perpanjangan masa pendaftaran.

LTMPT pun akhirnya meminta sejumlah pusat UTBK untuk menambah kuota seperti di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Soedirman, dan Institut Pertanian Bogor.

UNJ misalnya menambah lebih dari 3.000 kursi untuk UTBK bekerjasama dengan beberapa universitas di Jakarta.

Selain itu, LTMPT juga memberi kebebasan pada calon peserta untuk memilih pusat UTBK-SBMPTN 2021 di luar domisili. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia