LTMPT Perpanjang Jadwal UTBK 2021 Khusus di UI dan UNJ Tanggal 3-4 Mei

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 30 Mar 2021 19:31 WIB
Suasana UTBK hari pertama di UGM, Minggu (5/7/2020)
LTMPT memutuskan perpanjang jadwal UTBK 2021 di UI dan UNJ (dok. Humas UGM)
Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memperpanjang jadwal UTBK 2021 di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Rencananya, perpanjangan waktu ujian akan dilakukan pada 3-4 Mei 2021.

Hal ini disampaikan oleh Ketua LTMPT Mohammad Nasih. Nasih yang juga Rektor Universitas Airlangga, Surabaya ini menyebutkan perpanjangan waktu UTBK khusus untuk pusat UTBK UI dan UNJ.

"Ya betul (perpanjangan 3-4 Mei). Khusus UI dan UNJ," kata dia kepada detikEdu, Selasa (30/3/2021).

Dihubungi terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Suyono mengatakan mengaku telah menerima informasi mengenai perpanjangan waktu UTBK 2021 tersebut. Pihaknya pun mengaku siap terkait hal itu.

"Perpanjangan 3 & 4 Mei ya. Tadi sudah dapat infonya dari WA (WhatsApp). Kita sih siap," terang pria yang bergelar profesor ini.

Ketua Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan penambahan waktu ujian ditujukan untuk mengakomodasi peserta yang belum mendapatkan kursi UTBK sebelumnya. Ia juga memastikan perpanjangan waktu tidak akan mengubah tanggal pengumuman.

"Untuk melayani siswa di Jakarta yang belum mendaftar. Tambah hari dan sesi, Inshaa Allah tidak mengubah tanggal pengunuman," ujar guru besar Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta ini.

Perpanjangan jadwal UTBK ini dilakukan selama dua hari di gelombang ke-2. Pasalnya, LTMPT sebelumnya telah menetapkan jadwal UTBK 2021 gelombang ke-2 berlangsung dari 26 April hingga 2 Mei 2021 saja.

Sebelumnya diberitakan, dalam keterangan tertulisnya Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Amelita Lusia mengatakan saat ini UI sedang melakukan proses penambahan kursi UTBK. Adapun, kursi UTBK yang ditambah akan ditempatkan di sesi ujian gelombang ke-2 di tanggal 3 dan 4 Mei 2021.

"Sehubung dengan telah penuhnya kapasitas untuk UTBK di pusat UTBK Universitas Indonesia (UI). Saat ini, Pusat UTBK UI sedang dalam proses penambahan kursi dan juga jumlah sesi untuk di gelombang ke-2 (3 dan 4 Mei)," tulis informasi tersebut dikutip detikEdu.

Penambahan kursi UTBK SBMPTN di UI dilakukan guna menampung calon peserta UTBK SBMPTN asal Jakarta dan Depok yang belum mendapatkan lokasi ujian. Sebab, kuota di beberapa pusat UTBK di Jakarta tidak mencukupi.

Untuk diketahui, UI dan UNJ menambah kursi UTBK 2021 untuk menampung para peserta asal Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang tidak mendapatkan kursi di Pusat UTBK sebelumnya. (pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia