SBMPTN Bakal Ditutup, USK Aceh Minta Lulusan SMA Sederajat Lekas Mendaftar

Agus Setyadi - detikEdu
Senin, 29 Mar 2021 20:11 WIB
INfografis Jadwal UTBK SBMPTN 2020
Foto: Andhika A/detikcom
Banda Aceh - Pendaftaran SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri bakal ditutup Kamis mendatang. Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh meminta lulusan SMA sederajat segera mendaftar.

"Ini salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang harus kalian manfaatkan sebaik mungkin," kata Rektor USK Prof Samsul Rizal dalam keterangan kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Berdasarkan data masuk ke Panitia Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) USK, kata Samsul, jumlah pendaftar SBMPTN di USK hingga hari ini baru mencapai 7.645 peserta. Jumlah tersebut masih tergolong sedikit bila dibandingkan jumlah pendaftar SBMPTN pada tahun sebelumnya.

"Jadi jangan menunda lagi, jika sudah mantap dengan pilihan program studi dan PTN maka segeralah mendaftar jalur SBMPTN ini," jelas Samsul.

Samsul meminta siswa yang mendaftar agar menyimpan data secara permanen serta menyelesaikan pendaftaran hingga mencetak kartu ujian. Pendaftaran dianggap sah bila peserta telah melakukan semua proses tersebut.

Selain itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuat aturan pembatasan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Peserta SBMPTN wajib memilih pusat UTBK yang lokasinya dekat dengan domisili siswa.

Untuk Provinsi Aceh, pusat UTBK tersebar di lima perguruan tinggi yaitu Universitas Samudra (UNSAM) Langsa, Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh Besar, Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh dan USK.

"Dengan waktu pendaftaran yang kian sempit, maka peserta diminta untuk tidak menunda lagi proses pendaftarannya. Hal ini juga untuk mengantisipasi apabila terjadinya gangguan traffic pada website di hari terakhir," jelas Samsul.

Tahun ini USK menyediakan kuota untuk jalur SBMPTN sebesar 45% atau 3.427 mahasiswa. Sementara untuk dua jalur lainnya yaitu Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 25% atau 1.907 mahasiswa, dan Seleksi Mandiri sebesar 30% atau 2.286 mahasiswa.

Untuk informasi lebih lanjut terkait proses seleksi masuk perguruan tinggi ini, peserta dapat melihatnya di website resmi LTMPT. Apabila ada kendala selama proses pendaftaran SBMPTN atau lainnya dapat menghubungi helpdesk LTMPT, atau Humas USK pada nomor 08116752000.



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia