ITS Luluskan 1.279 Peserta SNMPTN 2021, Daftar Ulang ke sipmaba.its.ac.id

Tim detikcom - detikEdu
Selasa, 23 Mar 2021 11:02 WIB
Kampus ITS Surabaya
Sebanyak 10.954 pendaftar mengikuti SNMPTN 2021 di ITS, tapi hanya diloloskan 1.279 orang. Bagi yang lulus harus melakukan pendaftaran ulang (Dok. ITS)
Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya atau ITS meluluskan 1.279 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia di SNMPTN 2021 yang tersebar ke berbagai departemen. Pendaftar yang lolos bisa melakukan registrasi ulang lewat link https://sipmaba.its.ac.id.

Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Unggul Wasiwitono memaparkan kuota 1.279 kursi di ITS melalui penjaringan prestasi akademik ini diperebutkan oleh 10.954 pendaftar.

Dari hasil evaluasi kuota penerimaan SNMPTN 2021 mengalami peningkatan sebanyak 257 kursi dibandingkan tahun lalu. "Daya tampung naik karena tahun ini ada delapan prodi vokasi yang juga ikut dalam seleksi SNMPTN," ujar Unggul dalam siaran pers ITS.

Sementara, tingkat keketatan tertinggi berada di Departemen Teknik Informatika dengan persentase 4,7 persen. "Kami sediakan tambahan kuota sebanyak 10 persen di beberapa prodi untuk mengantisipasi siswa yang tidak melakukan daftar ulang," ujar dosen Departemen Teknik Mesin ITS itu.

Namun lulus seleksi SNMPTN 2021 bukan berarti tahapan pendaftaran sudah berakhir. Unggul meminta agar pendaftar yang telah dinyatakan diterima untuk segera membaca pengumuman dengan seksama mengenai jadwal dan persiapan registrasi ulang secara daring atau online.

Cara Daftar Ulang SNMPTN 2021 di ITS

1. 23-26 Maret 2021 : Melakukan registrasi online dengan mengisi biodata dan mengunggah dokumen yang disyaratkan melalui laman https://sipmaba.its.ac.id, menggunakan nomor pendaftaran sebagai username dan tanggal lahir sebagai password . Kemudian mencetak bukti pengisian sipmaba melalui laman tersebut.

2. 24-31 Maret 2021 : Verifikasi data ekonomi orang tua dari data Sipmaba oleh Tim UTK-ITS (termasuk calon mahasiswa baru program Kartu Indonesia Pintar Kuliah).

3. 29 Maret-3 April 2021 : Pengumuman nilai UKT untuk calon mahasiswa non KUP-K dapat dilihat melalui https://sipmaba.its.ac.id.

4. 30 Maret-5 April 2021 : Melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal sesuai ketetapan Tim UKT-ITS melalui bank yang ditunjuk.

5. 1-7 April 2021 Verifikasi rapor, biodata, dan proses daftar ulang oleh Tim Direktorat Pendidikan.

6. Verifikasi Portofolio. (Jadwal menyusul)

7. Pemeriksaan tes buta warna, untuk prodi yang mensyaratkan tidak buta warna akan dilaksanakan secara online pukul 07.00-12.00 WIB (Jadwal menyusul)

8. 8-10 April 2021: Mencetak bukti telah melakukan daftar ulang di laman https://sipmaba.its.ac.id untuk mendapatkan nomor registrasi pokok (NRP)

Dokumen yang Diperlukan Saat Daftar Ulang

A. File pasfoto berwarna ukuran 400x600 piksel (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 500 KB, latar belakang warna biru, baju polos warna putih.

B. Scan (format jpg, ukuran 200 s.d 500 KB per dokumen):

1. Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah;

2. Rapor semester 1 sampai semester 5;

3. Surat keterangan pekerjaan kedua orang tua/wali (terbaru);

4. Surat keterangan penghasilan kedua orangtua/wali, berupa gaji dan/atau penghasilan lainnya (misalnya sertifikasi profesi dan tunjangan tambahan) yang ditunjukkan melalui:

a. Bukti penghasilan dari laporan Pajak SPT, atau surat keterangan yang disahkan oleh bendahara gaji bagi pekerja sektor formal, antara lain: PNS, TNI/POLRI, karyawan swasta, pensiunan;
b. Surat keterangan penghasilan yang disahkan oleh Lurah/Kepala Desa bagi yang tidak bekerja atau pekerja sektor informal, antara lain buruh, petani, nelayan, pedagang, wiraswasta.

5. Bukti pembayaran listrik (PLN) atau pembelian token listrik yang mencantumkan daya listrik yang digunakan;

6. Pajak kendaraan bermotor (PKB) roda 2 dan roda 4;

7. Bukti pembayaran PBB terakhir;

8. Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP);

9. Jika tidak memiliki bukti pembayaran listrik (PLN), PKB dll maka harus ada surat pernyataan yang diketahui oleh RT/RW setempat.

10. Kartu BPJS (bila belum ada dapat mengurus saat tes kesehatan di ITS, jadwal menyusul);

11. Membuat surat pernyataan bermaterai Rp. 10.000,- yang ditandatangani orang tua/wali dan calon mahasiswa baru. Format surat pernyataan dapat diunduh di
laman https://sipmaba.its.ac.id.

C. Foto rumah tampak depan dengan view yang jelas, ruang tamu/ruang keluarga, kamar tidur, dapur dan kamar mandi (format jpg atau png, ukuran 200 s.d 500 KB).

Dokumen pada poin B nomor 4-9 dan dokumen pada poin C tidak perlu diunggah oleh calon mahasiswa yang memilih UKT 7 (Rp7.500.000,- per semester) pada saat
pengisian sipmaba.

Sebagai bahan pertimbangan, khusus calon mahasiswa baru program KIP-K diminta mengunggah dokumen tambahan (bila ada) yaitu scan kartu penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Menuju Sejahtera (KMS) atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) atau sejenisnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah.

Apabila sampai dengan tanggal 7 April 2021 Pukul 15.00 WIB, calon mahasiswa baru yang lolos SNMPTN 2021 tidak mengisi biodata dan mengunggah dokumen seperti yang disyaratkan, maka dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa baru Jenjang Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan ITS tahun akademik 2020/2021. (pal/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia